Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Aksara Internasional

Gelar Webinar, PANDI Terapkan Aksara Nusantara Di Era Indutri 4.0

Minggu, 12 September 2021 19:00 WIB
Webinar yang digelar PANDI dengan mengusung tema “Back To The Future: Peran Aksara Nusantara Pada Era Industri 4.0, Kamis (9/9). (Foto: Istimewa)
Webinar yang digelar PANDI dengan mengusung tema “Back To The Future: Peran Aksara Nusantara Pada Era Industri 4.0, Kamis (9/9). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Kerja sama pentaheliks sudah benar-benar terwujud karena kita punya teman-teman dari unsur pemerintah seperti BSN, Kominfo, dan pemerintah daerah. Kemudian dari unsur akademisi dan komunitas pegiat aksara, termasuk rekan-rekan media. Ini adalah perjalanan panjang yang butuh sinergi banyak pihak,” ujar Yudho.

Sementara itu CRO PANDI M. Shidiq Permana menambahkan bahwa ada berbagai kegiatan dari program strategis PANDI, Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Nusantara (MIMDAN), dari awal hingga akhir, termasuk kegiatan yang akan dilakukan ke depan.

Baca juga : BP Jamsostek Gencarkan Edukasi Peserta Dan Ahli Waris

“Saat ini kita fokus mendukung aksara-aksara yang sudah terdaftar di UNICODE agar memenuhi standar ISO dan SNI, sehingga dapat diakui oleh dunia,” ujar Shidiq.

Beberapa nama seperti Richard Mengko dan Onno W. Purbo sudah sangat dikenal dalam dunia teknologi informasi di Indonesia. Richard Mengko menyoroti pentingnya pemahaman “Bhineka Tunggal Ika” yang di ibaratkan seperti benang yang dirajut menjadi kain.

Baca juga : Astra International Gelar Lomba Foto Dan Anugerah Pewarta Astra 2021

“Dalam kaitannya dengan aksara nusantara, PANDI sebagai inisiator digitalisasi aksara harus mampu membuat platform yang merangkum semua aksara. Demikian pula dalam kurikulum sekolah, pengenalan aksara harus mencakup kekayaan aksara di Indonesia. Setelah mengetahui keragaman aksara, para siswa dapat lebih spesifik mendalami salah satu aksara,” terang Richard.

Senada dengan Richard, Onno W. Purbo juga menekankan pentingnya pemanfaatan aksara dalam bidang teknologi informasi. Ada kesempatan bagi aksara nusantara untuk dijadikan bahasa pemrograman komputer dan sistem keamanan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.