Dewan Pers

Dark/Light Mode

Adu Harta 2 Calon Panglima TNI, Siapa Terkaya?

Senin, 20 September 2021 15:09 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono. (Foto: Ist)
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono disebut-sebut sebagai kandidat kuat calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada November mendatang.

Publik pasti penasaran, berapa harta kekayaan kedua kandidat calon Panglima TNI itu. Dilansir dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  harta kekayaan Jenderal Andika, mengungguli Laksamana Yudo. Perbandingannya, lebih dari 10 kali lipat. 

Andika yang dilantik sebagai KSAD pada 2018, menyetorkan LHKPN kepada KPK pada 20 Juni 2020 untuk pelaporan awal menjabat. Berdasarkan laman elhkpn.kpk.go.id, jenderal bintang empat itu tercatat memiliki harta kekayaan dengan total Rp 179,99 miliar.

Berita Terkait : Baby Margaretha, Ingatkan Anak, Jangan Salah Bergaul

Harta kekayaan Andika terdiri dari harta tidak bergerak berupa 20 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Bali, hingga Amerika Serikat. Secara total, seluruh bidang tanah dan bangunan yang dimilikinya ditaksir senilai Rp 38,16 miliar.

Dari 20 bidang tanah dan bangunan yang dimilikinya, Andika mengaku hanya satu bidang tanah dan bangunan, yakni tanah seluas 1.000 m2 di Bogor senilai Rp 500 juta yang merupakan hasil sendiri.

Sementara 19 bidang tanah dan bangunan lainnya, termasuk yang berada di Amerika Serikat, dan Australia ,merupakan hibah tanpa akta.

Berita Terkait : KY Serahkan Nama 11 Calon Hakim Agung Ke DPR, Ini Daftarnya...

Selain itu, Andika juga mengaku memiliki harta berupa kas dan setara kas dengan nilai mencapai Rp 126 miliar.

Selain tanah dan bangunan, mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ini juga mengaku memiliki satu unit mobil Land Rover Sport senilai Rp 800 juta dan mobil Mercedez Benz alias Mercy Sprinter senilai 1,8 miliar.

Tak hanya itu, Andika mengaku memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 10,1 miliar dan surat berharga senilai Rp 2,14 miliar. Harta terbanyak Andika ada pada kas dan setara kas dengan nilai total Rp 126,98 miliar. Dengan demikian, total harta Andika berjumlah Rp 179,9 miliar.
 Selanjutnya