Dark/Light Mode

Mowilex Hadirkan Cat yang Aman Bagi Lingkungan dan Kesehatan

Rabu, 1 September 2021 10:32 WIB
Mowilex Hadirkan Cat yang Aman Bagi Lingkungan dan Kesehatan

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Mowilex Indonesia (Mowilex) sejak meluncurkan cat berbahan dasar air pertama buatan Indonesia pada tahun 1970, Mowilex telah melakukan inisiatif untuk menghentikan produksi cat yang mengandung timbal diatas 90 ppm pada produk Mowilex Cat Kayu & Besi pada tahun 2019, dan menggantinya dengan bahan pewarna organik.

Presiden Direktur Mowilex, Niko Safavi mengatakan, Paparan timbal merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama, dan Mowilex telah menginvestasikan waktu dan sumber daya yang signifikan untuk mengatasi bahaya tersebut.

Baca juga : IM3 Ooredoo Hadirkan Collabonation Konser Kemerdekaan

“Meskipun pandemi COVID-19 memperlambat kemajuan secara global, kami tetap berkomitmen untuk melindungi keluarga di Indonesia dan bumi ini dengan memfasilitasi penukaran produk Mowilex Cat Kayu & Besi yang diproduksi sebelum tahun 2019,” tambah Niko secara virtual.

Menurutnya, mengapa Penting Menghilangkan Timbal, Timbal adalah logam beracun yang berbahaya bagi manusia dan apabila terpapar dalam jumlah yang melebihi batas toleransi. Setelah berhenti memproduksi Mowilex Cat Kayu & Besi yang mengandung timbal pada tahun 2019, menjadikan Mowilex berada satu tahun lebih awal dari target penghentian yang ditetapkan oleh Aliansi Global untuk Menghilangkan Cat Bertimbal.

Baca juga : Gus Halim Jadikan Kabupaten Pasaman Pilot Project Penurunan Kemiskinan Ekstrem

Direktur dan Kepala Riset dan Pengembangan Produk Mowilex, Novina Tjahjadi, mengatakan, “Bahan alternatif pengganti timbal untuk cat pelapis kayu dan besi lebih mahal, namun mengikuti batas aman untuk pelanggan adalah prioritas Mowilex sehingga kami memilih untuk mengembangkan formula baru yang sesuai dengan ambang batas aman (yaitu di bawah 90 ppm) tanpa mempengaruhi kinerja dan kualitas produk. Untuk itu langkah kami berikutnya adalah menukar sisa produk Mowilex Cat Kayu & Besi yang diproduksi sebelum tahun 2019, dimana masih mengandung timbal di atas 90 ppm,” kata Novina.

Mowilex Pasti Aman Sasaran dari kampanye Mowilex Pasti Aman adalah para Mitra toko dan distributor. Mereka diajak untuk mengajukan penukaran produk Mowilex Cat Kayu & Besi yang di produksi sebelum tahun 2019, mulai dari 1 September 2021 hingga 31 Desember 2021. Toko dan distributor yang memiliki produk Mowilex Cat Kayu & Besi formula lama di toko atau gudang mereka dapat menukarkan dengan mengunjungi situs https://mowilexpastiaman.mowilex.com/. Program penukaran ini dilaksanakan secara nasional dan tanpa adanya biaya alias gratis.

Baca juga : Komisi V Siap Perjuangkan Backlog Anggaran Kemendes Tahun 2022

“Mowilex Cat Kayu & Besi yang telah ditukarkan oleh toko dan distributor nantinya akan dimusnahkan. Mowilex telah bekerja sama dengan pengangkut dan pengelola limbah B3 yang memiliki izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia selama puluhan tahun dan akan menggandeng mitra yang sama terkait pemusnahan produk cat Mowilex Kayu dan Besi dari batch produksi dibawah tahun 2019 yang dikembalikan,” tambah Niko. (ARM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.