Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diresmikan Presiden, Rusun Pasar Rumput Telan Biaya Rp 970 Miliar

Senin, 20 September 2021 15:03 WIB
Presiden Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmikan Rusun Pasar Rumput, Jakarta, Senin (20/9)
Presiden Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan resmikan Rusun Pasar Rumput, Jakarta, Senin (20/9)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi didampingi  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta. 

Rusun ini terintegrasi dengan pasar dan sarana tranportasi Transjakarta, sehingga membuat nyaman masyarakat yang tinggal disana.

“Adanya Rusun Pasar Rumput ini dapat mempermudah masyarakat untuk memiliki hunian layak sekaligus melakukan aktivitas ekonomi, seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya,” ujar Presiden saat memberikan sambutan pada kegiatan Peresmian Rusun Pasar Rumput di Jakarta, Senin (20/9).

Presiden mengatakan, Kementerian PUPR telah membangun Rusun Pasar Rumput menjadi hunian yang istimewa karena dibangun berdasarkan konsep mixed use development, yaitu tidak hanya rusun yang berfungsi sebagai hunian, tapi juga dilengkapi dengan fasilitas hunian yang lengkap dengan pasar serta fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Baca juga : Jokowi: Bisa Tampung Warga Ciliwung Terdampak Normalisasi

“Total anggaran pembangunan Rusun Pasar Rumput ini mencapai Rp 970 miliar,” terangnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Rusun Pasar Rumpur dibangun sebanyak tiga tower dengan masing-masing tower setinggi 25 lantai dan dilengkapi dengan lift. 

Adapun rincian pemanfaatan Rusun tersebut untuk lantai 1 digunakan sebagai pasar dengan jumlah kios sebanyak 318 kios dan 350 los dan di lantai 2 juga digunakan untuk pasar dengan jumlah kios 649 kios. 

Pada lantai 3 dibangun sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti PAUD, masjid dan ruang terbuka.  Sedangkan lantai 4 hingga 24 diperuntukkan sebagai hunian masyarakat sebanyak 1.984 unit tipe 36. 

Baca juga : Samsung Donasikan Alat Kesehatan Senilai 4 Miliar

Setiap unit saat ini juga telah dilengkapi dengan pendingin udara atau AC, AC Standing 5 unit dan kipas angin.

Pembangunan Rusun Pasar Rumput termasuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di DKI Jakarta.

Diharapkan, Rusun ini  dapat menguangi kawasan kumuh serta menyediakan hunian layak bagi masyarakat. 

Presiden juga  mengungkapkan bahwa Rusun Pasar Rumput dapat difungsikan untuk menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak Program Normalisasi Sungai untuk mengantisipasi penanganan banjir di Ibu kota Jakarta. 

Baca juga : Mantan Penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju Didakwa Terima Uang Rp 11,5 Miliar

Ia berharap Rusun dapat meringankan beban masyarakat, khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman, terjangkau, dan membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat.

Tampak hadir dalam peresmian tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal Perumahan, Khalawi Abdul Hamid, Staf Ahli Menteri, Endra S A, Direktur Kepatuhan Intern, Bisma Staniarto, Plt. Direktur Rusun, Maryoko Hadi beserta para penghuni Rusun. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.