Dark/Light Mode

Wakil Jaksa Agung Minta Intelijen Kejaksaan Ikut Antisipasi Ancaman Ke Negara

Jumat, 24 September 2021 00:29 WIB
Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi. (Foto: ist)
Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi mengapresiasi, rapat kerja teknis (Rakernis) bidang Intelijen Kejaksaan 2021.

Menurut Setia Untung, ke depan, transformasi Intelijen Kejaksaan harus mampu melakukan antisipasi, memprediksi berbagai kejahatan yang mengancam eksistensi negara.

Hal tersebut dikatakan Setia Untung saat menutup Rakernis bidang Intelejen Kejaksaan 2021 di Aula Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis (23/9).

Baca juga : Penting,Tuntutan Jaksa Terapkan Prinsip HAM

Setia Untung berharap hasil diskusi mampu menjawab dan menghasilkan pemikiran-pemikiran baru sebagai jawaban atas berbagai permasalahan yang timbul di masa mendatang.

“Saya optimis seluruh rekomendasi yang telah dihasilkan dan dirumuskan dalam Rakernis ini dapat segera dilaksanakan dan menjadi panduan bagi para Jaksa dalam pelaksanaan tugas," katanya.

Dengan begitu, peran Bidang Intelijen sebagai intelijen penegakan hukum untuk mendukung dan mengamankan kebijakan penyelesaian perkara pidana khusus, pidana umum dan perdata tata usaha negara dapat terwujud.

Baca juga : Wakil Ketua MPR Minta Aparat Tumpas KKB Hingga Ke Akar

“Jajaran intelijen harus mampu mendeteksi dan menghilangkan segala potensi ancaman, gangguan dan hambatan,” ujarnya.

Menurut dia, jangan biarkan potensi ancaman, gangguan dan hambatan berkembang. Untuk itu, dia mengajak masyarakat memanfaatkan kemajuan teknologi, sebagai penunjang efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas.

“Buat perencanaan yang matang, terstruktur dan terukur atas kebutuhan teknologi, jangan sampai kemajuan teknologi justru menjadi penghambat pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Baca juga : Wakil Jaksa Agung Pede, Digitalisasi Pelayanan Kejaksaan Semakin Terasa

Dia juga meminta seluruh jajaran Bidang Intelijen untuk betul-betul memedomani seluruh rekomendasi yang telah dirumuskan untuk menjadi rujukan untuk meningkatkan kinerja jajaran bidang Intelijen agar Intelijen Digital, Kejaksaan Optimal” dapat teraplikasikan secara nyata. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.