Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kuatkan Imunitas Masyarakat Dan Tangkal Radikalisme

BNPT Gelar Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional Di Kalimantan

Senin, 20 September 2021 19:30 WIB
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melaksanakan deklarasi kesiapsiagaan nasional yang digelar di Grand Senyiur Hotel Balikpapan, Senin (20/9). (Foto: Humas BNPT)
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melaksanakan deklarasi kesiapsiagaan nasional yang digelar di Grand Senyiur Hotel Balikpapan, Senin (20/9). (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melaksanakan deklarasi kesiapsiagaan nasional yang digelar di Grand Senyiur Hotel Balikpapan, Senin (20/9). Kegiatan deklarasi yang diselenggarakan di Balikpapan ini menggandeng sejumlah tokoh agama, tokoh adat Dayak, serta tokoh wanita.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi UU No 5 Tahun 2018, di mana pemerintah, dalam hal ini BNPT, wajib melakukan pencegahan tindak pidana terorisme salah satunya dengan melakukan kesiapsiagaan nasional.

Baca juga : Sahabat Ganjar Tancap Gas, Deklarasi Serentak Di 51 Kota

"Esensi dalam proses kesiapsiagaan nasional adalah sesuai amanah Undang- Undang Nomor 5 tahun 2018 agar kita terbebas dari hal buruk yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggungjawab," kata Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.

Kesiapsiagaan nasional merupakan upaya mempersiapkan seluruh elemen masyarakat dari ancaman aksi terorisme dan bahaya laten paham radikal terorisme.

Baca juga : Pertamina Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele Di Tasikmalaya

"Radikal terorisme sebagai ancaman yang lahir dari suatu ideologi menyimpang ini berpotensi mengikis persatuan dan nasionalisme bangsa melalui propaganda ideologi yang bertentangan dengan Pancasila," jelasnya.

Lewat kesiapsiagaan nasional, Boy berharap konsensus nasional dapat terpelihara dan terlaksana dengan baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas SDM Saat Pandemi, Floorball Disosialisasikan di SMA Bali

"Apa yang menjadi konsesus nasional dapat terimplementasi secara nasional sampai ke desa-desa. Deklarasi ini diharapkan dapat menggugah semangat seluruh unsur yang terlibat dalam mengantisipasi pencegahan tindak pidana terorisme" harap mantan Kadiv Humas Polri itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.