Dark/Light Mode

Stadion Arena PON XX Terbaik Di Asia Pasifik

Sabtu, 9 Oktober 2021 08:15 WIB
Stadion Papua Bangkit (SPABA) yang akan berganti nama menjadi Stadion Lukas Enembe adalah venue utama PON XX Papua 2021 yang dibangun sesuai standar internasional.  (Foto: Istimewa).
Stadion Papua Bangkit (SPABA) yang akan berganti nama menjadi Stadion Lukas Enembe adalah venue utama PON XX Papua 2021 yang dibangun sesuai standar internasional. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PP (Persero) Tbk bangga bisa menjadi bagian dari penyelenggaraan PON XX Papua. Dalam PON XX ini, perusahaan Konstruksi ini telah banyak berkontribusi dalam pembangunan venue (arena) yang digunakan untuk kegiatan penyelenggaraan acara olahraga tersebut.

Hal itu dikatakan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, yang turut hadir secara langsung dalam pesta pembukaan PON XX Papua. Dia didampingi Direktur Operasi Bidang Gedung PT PP Anton Satyo Hendriatmo.

Baca juga : Menpora: PON XX Ajang Pesta Masyarakat Papua

“PT PP sangat bangga dapat menjadi bagian dari penyelenggaraan PON XX Papua. Kami membangun Stadion Lukas Enembe. Tak hanya itu, PT PP juga mengerjakan pembangunan Istora Papua Bangkit, Venue Rugby, dan Volly,” ucap Novel dalam keterangan resminya, kemarin.

Berkat inovasi yang diterapkan pada pembangunan arena olahraga tersebut, Istora Papua Bangkit berhasil meraih tiga Rekor MURI dalam karya pembangunannya. Tidak hanya itu, Pembangunan Venue Rugby juga berhasil menyabet tiga Rekor MURI.

“PT PP berhasil membangun venue olah raga Rugby hanya dalam kurun waktu 93 hari dengan kualitas berstandar internasional,” sebutnya.

Baca juga : Dampingi Atlet PON, Menpora Berkantor Di Papua Hingga 16 Oktober

Selain itu, proyek pembangunan venue rugby juga telah mendapatkan banyak apresiasi dari para pejabat. Sebab, sambung Novel, PT PP tidak hanya membangun, tapi juga terus memberikan kualitas atas hasil pembangunan proyek-proyek yang dikerjakannya.

Adapun tiga Rekor MURI yang berhasil disabet oleh Istora Papua Bangkit, yaitu instalasi textile duct ring terpanjang, atap dome terluas tanpa baut, dan atap baja lengkung terpanjang.

Sedangkan, Venue Rugby memperoleh tiga Rekor MURI atas pemasangan gelanggang olahraga pertama dengan sistem prefabrikasi, pembangunan gelanggang rugby standart World Rugby tercepat, dan pemasangan rumput sintetik pada Field of Play tercepat.

Baca juga : Besok Buka PON XX, Jokowi Berolak Ke Papua

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menilai, Stadion Lukas Enemba ini merupakan salah satu stadion terbaik yang berada di Asia Pacifik.

“Perasaan saya dan perasaan saudara pasti sama, kita bangga di Tanah Papua. Kita juga bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke-20, PON yang pertama kali digelar di tanah Papua,” imbuhnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.