Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Catatan Misbah Fikrianto

Kebijakan Merdeka Belajar Untuk Ciptakan SDM Unggul Dan Berkarakter

Selasa, 12 Oktober 2021 13:59 WIB
Misbah Fikrianto (Foto: Istimewa)
Misbah Fikrianto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Semua kebijakan Merdeka Belajar, mulai dari episode 1 sampai dengan episode 13, merupakan terobosan inovatif. Implementasi kebijakan tersebut harus didukung dan diubah dengan melihat berbagai tugas dan fungsi di masing-masing unit utama di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pembahasan tentang sumber daya manusia merupakan tema yang strategis dan penting untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berdaya saing.

Dalam RPJMN tahun 2020-2024 untuk menghasilkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur, dilakukan melalui percepatan pembangunan berbagai bidang yang saling mendukung satu sama lain. Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan kunci untuk mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045. Mengutip berbagai penyampaian Pidato Presiden Joko Widodo, Manajemen Talenta yang merupakan kebijakan untuk mendukung sumber daya manusia yang berkualitas. Harapannya, semua Lembaga saling mendukung dan menguatkan program pengembangan talenta terintegrasi.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Kebijakan Merdeka Belajar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter, kita dukung dengan berbagai implementasinya. Kita harus memberikan contoh nyata, seperti melakukan pembinaan, pengembangan, dan berbagai upaya langsung ke siswa di Indonesia. Pada jenjang pendidikan tinggi, kebijakan Merdeka Belajar; Kampus Merdeka memberikan ruang yang besar kepada mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan di dalam dan di luar kampus. Kegiatan tersebut mengembangkan prestasi mahasiswa secara holistik, karena mahasiswa mendapatkan hak untuk belajar di luar program studinya selama 3 semester.

Kampus Merdeka ini mendorong pencapaian pengalaman yang banyak dan utuh, sehingga mahasiswa memiliki prestasi dalam berbagai kegiatan. Sesuai dengan jumlah mahasiswa yang lebih dari 8 juta, jumlah perguruan tinggi sebanyak 4.574 dengan 35.887 program studi di Indonesia. Hal tersebut menjadi intangible asset untuk kita memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan prestasi mahasiswa di Indonesia. Prestasi mahasiswa dikembangkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya kompetisi, workshop, dan pembinaan talenta sesuai dengan potensinya.

Kerja Sama Berbagai Pihak
Perubahan dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar dikembangkan sejak usia dini, sehingga sejak awal SDM memiliki proyeksi atau dream sesuai dengan potensi, bakat, dan kondisinya. Pencapaian program talenta dilakukan secara inovatif dan kreatif sehingga kita memberikan kesempatan dari Sabang sampai Merauke untuk mengikuti berbagai program yang ada.

Kami sangat mengapresiasi kebijakan Merdeka Belajar yang sangat holistik dan memberikan ruang untuk mendapatkan berbagai pengalaman nyata serta berbagai kesempatan melakukan perubahan sesuai dengan pendekatan konstruktif sesuai karakter peserta didik di Indonesia. Semoga semua upaya yang dilakukan menjadikan sumber daya manusia Indonesia sebagai modal pembangunan dan daya saing bangsa Indonesia.

Secara sinergis dan berkelanjutan, melalui kerja sama dengan berbagai pihak, program Merdeka Belajar dapat diimplementasikan dengan baik. Penerapan berbagai kebijakan tersebut, dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, kota, dan kabupaten, serta lembaga lainnya. Pendekatan penta dan heksa helix dengan melibatkan semua stakeholders baik pemerintah, swasta, komunitas, media, perguruan tinggi, dan komponen lainnya menjadi kebutuhan yang saling melengkapi. Kita harus saling berkolaborasi sesuai dengan peran masing-masing. Hal ini akan menjadi kemitraan strategis untuk mendukung kebijakan Merdeka Belajar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.