Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, 200 Warga Baduy Luar Dan Dalam Divaksin Covid-19

Sabtu, 16 Oktober 2021 17:59 WIB
Masyarakat Baduy mendapat suntikan pertama  vaksinasi Covid-19.
Masyarakat Baduy mendapat suntikan pertama vaksinasi Covid-19.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan  terus menggalakkan program vaksin di Indonesia. Karena, ini penting untuk menghadapi pendemi Covid-19 yang terus menyebar setiap harinya. 

Berangkat dari hal tersebut, Klinikgo bekerjasama dengan Gaido Gruop dan Kementerian Kesehatan (Kemenekes) menggelar acara "Vaksin Peduli Baduy" yang dilaksanakan di Baduy. 

Pelaksanaan vaksinasi  yang diselenggarakan pada 14 dan 15 Oktober ini diikuti oleh 200 warga Baduy luar dan Baduy dalam ikut divaksin Covid-19. 

Chief Executif Officer (CEO) KlinikGo, Ogy Winenriandhika mengatakan, secara keseluruhan acara vaksinasi ini adalah kolaborasi antara Mandalawangi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta. 

Salah satunya, klinikgo. Karena, Klinikgo menjadi pihak yang terpilih untuk menyediakan layanan Telemedicine. 

Baca juga : Tetap Keukeuh, Presiden Brazil Mau Jadi Orang Terakhir Divaksin Covid-19

"Kita menjadi salah satu partner untuk telemedicine. Harapannya, jika bisa menjangkau Baduy, pemerataan vaksinasi di seluruh Indonesia sudah bisa masif, dan bisa menjangkau area lain yang seperti baduy," ujar pria yang kerap disapa Ogy, Kamis (14/10/). 

Ogy juga menjelaskan, bahwa dalam acara tersebut, Klinikgo membantu menyuplai vaksinator dan memberikan edukasi layanan isolasi mandiri pada warga Baduy. 

Menurutnya, ini penting agar layanan kesehatan dan edukasi terkait kesehatan bisa didapatkan oleh masyarakat Baduy. 

"Terus kita juga membagikan healty kit dari klinikgo yang isinya ada handsanitizer, masker dan lain lain, yang merupakan kerja sama antara klinikgo dengan enesis," ucapnya. 

Ia juga menuturkan, bahwa dirinya telah berdiskusi dengan Menkes, Budi Gunadi Sadikin terkait layanan kesehatan yang harus menyebar ke seluruh Indonesia. Karena, kesehatan menjadi poin penting untuk negara. 

Baca juga : Stok Berlimpah, Pemkot Bekasi Hibahkan Vaksin Covid-19 Bakal Expired

"Kalau bisa memang aplikasi telemedicine menjangkau daerah-daerah pelosok yang sulit untuk dijangkau. Karena, ini biar bisa merata juga gitu di seluruh Indonesia" ungkapnya. 

Kedepannya, lanjut Ogy, Klinikgo akan terus memberikan layanan kesehatan Telemedicine yang merata ke seluruh wilayah Indonesia. 

Karena itu, Klinikgo akan bekerjasama dengan beberapa perangkat kesehatan dalam mewujudkannya, terutama dengan beberapa stakeholder juga dalam hal ini ada dari PUB (Persatuan Urang Banten), terus juga ada dinas kesehatan, dan ada beberapa klinik partner yang akan kita approach disini. 

“Harapannya klinikgo tidak hanya menjangkau capital, tapi juga rural area juga. Ini juga merupakan target jangka pendek yang mau kita eksplor, kerja sama dengan beberapa stakeholder," tukasnya .

103 Juta Sudah Divaksin

Baca juga : Top, Jasa Marga Raih 2 Penghargaan Di Ajang TOP GRC 2021

Sementara Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 1.000 warga divaksinasi Covid-19 di Ciboleger, Kabupaten Lebak, Banten. Sebanyak 200 target, di antaranya khusus untuk suku Badui dalam dan luar.

"Mereka masyarakat adat memiliki hak yang sama untuk divaksinasi,," kata Budi

Ia menjelaskan, bahwa vaksinasi di Indonesia telah mencapai 103 juta orang. Menurutnya, untuk mencapai target vaksin 100 juta berikutnya cukup sulit. Karena lokasinya yang sulit untik dijangkau. 

"Selain itu, ada daerah-daerah di kepulauan yang sulit untuk dijangkau. Jadi saya berterimakasih kepada teman-teman, karena saya selalu bertanya-tanya ini gimana caranya masuk ke daerah terpencil. Jadi acara vaksinasi ini sangat membantu, khususnya dalam hal vaksin di daerah Baduy," pungkasnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.