Dark/Light Mode

Jadi Warga Kehormatan Suku Tobelo

Ganjar Tak Disediakan "Pintu Keluar" Dari Hibualamo

Minggu, 17 Oktober 2021 13:01 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atikoh, dinobatkan sebagai warga kehormatan Suku Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara, Minggu (17/10). (Foto: Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atikoh, dinobatkan sebagai warga kehormatan Suku Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara, Minggu (17/10). (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Sepuluh tetua sub suku Tobelo hadir langsung menyaksikan prosesi you ini. Bahkan, ibu-ibu dan para pemuda Tobelo juga tidak mau ketinggalan memberikan penyambutan. Merekalah yang menyambut orang nomor satu di Jawa Tengah itu dari gapura hingga duduk di beranda Hibualamo.

Waktu Ganjar dan istri mepet. Cuma satu jam. Setelah itu, dia harus pamit untuk menemani para kafilah Jawa Tengah di pembukaan Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) XXVI, malam ini. "Terima kasih Bapak Ganjar, kami yakin Bapak akan kembali ke sini suatu hari nanti," tutup Jesayas, ketika melepas Ganjar, layaknya melepas kepergian anggota keluarganya sendiri.

Ganjar mengaku tak menyangka dinobatkan sebagai warga Suku Tobelo. Selama ini, ia hanya memendam mimpi, kapan akan mendapat kesempatan mengunjungi Tobelo. Kota kecamatan di Kabupaten Halmahera Utara terkenal dengan tambang emas itu.

Mimpi itu ia pelihara setelah beberapa waktu lalu mendapat tamu warga Halmahera Utara, yang mengantarkan seperangkat busana adat Tobelo. Kesempatan itu datang setelah Ganjar diundang menghadiri STQN XXVI di Kota Sofifi, Malut. Politisi PDIP itu memutuskan menyisihkan waktu tiga setengah jam perjalanan dari Sofifi menuju Tobelo.

"Saya bersama istri merasa bangga bisa hadir di tengah panjenengan. Inilah cara Tuhan mempertemukan kita. Dan inilah cara kita merawat Indonesia," ucap Ganjar.

Begitu prosesi ritual selesai, diputar alunan musik pengiring Tari Meyasa. Para tetua langsung turun untuk menari. Tidak mau ketinggalan, Ganjar beserta istri turut menarikan Meyasa warga. Namun, karena waktunya mepet, musik rancak yang menghadirkan suasana hangat serta tawa dan canda itu hanya berlangsung singkat. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.