Dark/Light Mode

Prokes Di Kabupaten/Kota Sampai Kecamatan Turun

Awas, Gelombang Tiga Corona Beneran Terjadi, Jangan Bandel

Selasa, 26 Oktober 2021 06:20 WIB
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Disiplin protokol kesehatan (prokes) masyarakat mulai mengendor seiring pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi membeberkan penurunan disiplin protokol kesehatan (prokes) masyarakat. Kata dia, tren penurunan kepatuhan prokes tidak hanya terjadi pada level kabupaten atau kota, juga di tingkat kecamatan.

“Jika ini terus terjadi, tentu meningkatkan potensi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia,” ujar Sonny dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Mendag: Perkuat Kerja Sama Ekonomi Kawasan Bangkitkan Perdagangan Global

Berdasarkan data Satgas, pada 3 sampai 22 Oktober, daerah yang mengalami penurunan prokes terus bertambah. Pada 3 Oktober, ada 8,1 persen kabupaten/kota dengan kepatuhan memakai masker di bawah 60 persen.

Pada 22 Oktober, jumlah kabupaten/kota yang termasuk zona merah, kepatuhan me­makai masker di bawah 60 persen, bertambah 10,19 persen. Pada periode yang sama, jum­lah kecamatan yang termasuk zona merah, kepatuhan memakai masker bertambah dari 12,99 persen menjadi 14,62 persen.

Sonny meminta masyarakat tetap disiplin dan konsisten menjaga prokes. Dia meng­ingatkan, disiplin dan patuh prokes demi mencegah Indonesia dihantam gelombang ketiga Covid-19.

Baca juga : Disiplin Prokes Senjata Utama Hindari Ancaman Gelombang Ketiga

“Saat kasus sedang melonjak atau melan­dai, perilaku masyarakat harus tetap sama menerapkan 3M. Selalu pakai masker, jaga jarak dan jangan berkerumun, serta rajin mencuci tangan pakai sabun,” ucap Sonny.

Kendati begitu, kata Sonny, secara keselu­ruhan pada 3 minggu terakhir, data monitoring perubahan perilaku Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap ptokes sudah sangat baik.

“Rata-rata skor memakai masker sudah mencapai 8,25 dalam 3 minggu terakhir. Sedangkan skor menjaga jarak dan mencuci tangan di angka 8,02 pada periode yang sama (rentang skor antara 1 -10),” jelasnya.

Baca juga : Dukung Pesantrenpreneur, Airlangga Dorong Pesantren Bersinergi Dengan Pemerintah

Netizen mengingatkan masyarakat terus disiplin prokes, kendati kasus Covid-19 melandai dan PPKM dilonggarkan. Pasalnya, gelombang tiga Covid-19 berpotensi melanda Tanah Air.

Akun @narkosun01 mengatakan, mayoritas wilayah di Indonesia saat ini berada di PPKM level 1 dan 2. Selain itu, kasus Covid-19 sudah menurun tajam menjadi 3.69 kasus per 1 juta orang. Ditambah lagi, mobilitas masyarakat kian meningkat. “Guys jangan lengah, tetap disiplin prokes,” kata dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.