Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Doni Pensiun Ngurus Bencana Dan Corona, Netizen: Terima Kasih Jenderal

Selasa, 25 Mei 2021 21:12 WIB
Letnan Jenderal Doni Monardo. (Foto: Ist)
Letnan Jenderal Doni Monardo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5). Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito diangkat menjadi Kepala BNPB menggantikan Letnan Jenderal Doni Monardo yang akan memasuki masa pensiun dari dinas TNI pada 1 Juni mendatang.

Netizen pun menanggapi pergantian Letjen Doni Monardo. Warganet berterima kasih kepada Doni yang telah berkiprah baik di militer maupun dalam bidang penanganan bencana. Termasuk penanganan pandemi Corona selama menjadi Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

Di Twitter, Doni dapat apresiasi dari sejumlah kalangan, lembaga, tokoh, hingga politisi. Salah satunya dari berbagai badan penanggulangan bencana, seperti lembaga milik Muhammadiyah.

"Kami #RelawanMuhammadiyah juga mengucapkan terima kasih kepada Letnan Jenderal TNI Doni Monardo atas baktinya memimpin @BNPB_Indonesia periode 2019 - 2021," kicau @MDMCIndonesia.

Baca juga : Jokowi Dorong Pimpinan Negara Atasi Kesenjangan Vaksin Corona

Dari kalangan akademisi, Prof Zubairi Djoerban @ProfesorZuabairi juga nge-fans dengan Doni karena kinerjanya menangani pandemi Covid-19.

"Salah satu sosok favorit saya dalam penanganan pandemi Covid-19: Doni Monardo. Tapi sudah waktunya dia pensiun dari BNPB. Terima kasih atas kerja keras dan dedikasinya yang tiada henti. Semoga Anda menikmati masa pensiun yang luar biasa, dan, selamat bekerja untuk Ganip Warsito," tulisnya.

Serupa, @dr_koko28 juga kagum dengan sosok Doni. "Puasa dan Lebaran 2020, saya beberapa kali bertemu Pak Doni Monardo. Beliau mau berdiskusi dan menerima masukan. Saya ingat ketika kami membahas risiko yang akan ditanggung rakyat dan negara durante pandemi ini. Juga tahapan mitigasinya. Terima kasih Pak Doni. Selamat purnabakti."

Dari kalangan musisi, komposer @addiems tak mau ketinggalan. "Minggu yang lalu, bersama Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo. Banyak cerita di balik peristiwa selama beliau menjabat yang membuatku semakin kagum pada integritasnya. Hari ini jabatan Letjen Doni Monardo sebagai Kepala BNPB digantikan oleh Letjen Ganip Warsito," pujinya.

Baca juga : Dicek Jokowi, Penghasilan Nelayan Lamongan Tak Terdampak Pandemi

Bahkan, dari kalangan oposisi juga menyampaikan pujian kepada Doni. Seperti @msaid_didu. "Terima kasih kepada Letjen TNI Dr. (HC) Doni Monardo atas pengabdiannya sebagai Kapala BNPB dengan prestasi yang gemilang," cuitnya senada dengan @Andiarief_.

"Mas Doni Monardo, selamat mengakhiri tugas kemanusiaan. Hasil kerjanya di era yang sulit ini akan selalu diingat rakyat. Anda jenderal berprestasi."

Letnan Jenderal TNI Doni Monardo lahir di Cimahi, Jawa Barat pada tahun 1981. Doni mengawali pendidikan di Akademi Militer pada 1985 dan melanjutkan kembali pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat pada 1999. Terakhir, ia melanjutkannya ke Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di tahun 2012.

Selepas lulus Akmil, ia langsung bergabung dengan Kopassus. Dia sempat bertugas di wilayah konflik Timor Timur dan Aceh. Doni lantas bergabung dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tahun 2008, Doni dipromosikan menjadi Komandan Grup A Paspampers.

Baca juga : Investasi Pertanian Dorong Tercapainya Ketahanan Pangan

Setelah itu, dia menempati posisi teritorial sebagai Danrem 061/Surya Kencana pada 2010-2011. Doni pernah menjadi wakil komandan satuan tugas antiteror pembebasan MV Sinar Kudus yang dibajak pemberontak Somalia. Doni kemudian dipromosikan kembali sebagai Wakil Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Karier Doni Monardo kian melambung. Ia diangkat sebagai Komandan Paspampres pada 2012-2014 berlanjut menjadi Danjen Kopassus pada 2014 hingga 2015. Setelahnya, dia diangkat menjadi Panglima Kodam XVI Pattimura di Ambon pada 2015-2017 kemudian dipindahkan dan menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi di Jawa Barat selama setahun, dari 2017 hingga 2018.

Usai itu, dia menjabat Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas). Tahun 2019 silam, Doni dilantik menjadi Kepala BNPB menggantikan Laksamana Muda Willem Rampangilei.

Saat bencana bertubi-tubi, pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Doni dapat tugas baru. Jumat (13/3/2020),  ia ditunjuk presiden sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19. Hampir dua tahun ia berjibaku menekan laju penularan virus ini. Kegigihannya mengingatkan masyarakat agar waspada, dengan menerapkan protokol kesehatan, ia tunjukkan hingga menjelang pensiun. Terima kasih Jenderal. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.