Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Satu Orang Tewas, Ribuan Rumah Terendam Banjir Di Sekadau Kalbar

Kamis, 28 Oktober 2021 17:25 WIB
Ribuan rumah warga terendam di Sekadau Kalimanta.Barat.
Ribuan rumah warga terendam di Sekadau Kalimanta.Barat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Kapuas mengakibatkan banjir di Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sekadau, Matius Jon mencatat 2.541 rumah terendam dan satu orang warga meninggal dunia akibat banjir.

Banjir ini juga menggenangi beberapa wilayah di Kabupaten Sekadau. Yakni Desa Mungguk, Desa Sungai Ringin, Desa Tanjung, Desa Merapi, Desa Seberang Kapuas dan Desa Penit yang berada di Kecamatan Sekadau Hilir. Kemudian Desa Belintang I dan Desa Belintang II di Kecamatan Belitang.

Baca juga : Semangat Juara Menular, Ridwan Kamil Terapkan Investasi Ketok Pintu

"Dari 8.430 jiwa yang terdampak banjir, ada 1.879 jiwa atau 571 keluarga yang mengungsi akibat banjir," kata Matius dikutip Kamis (28/10).

Ia menjelaskan, debit air mulai naik secara signifikan sejak 23 Oktober 2021. Hingga kini, ketinggian air rata-rata masih berkisar antara 2 - 2,5 meter dari permukaan tanah.

Saat ini, BPBD Kabupaten Sekadau terus berkoordinasi dengan unit terkait untuk segera terjun kelapangan guna melakukan pendataan dan melakukan evakuasi menggunakan perahu terhadap warga terdampak.

Baca juga : Sumatera Catat Angka Kematian Covid Tertinggi Di Luar Jawa Bali

Sementara itu, penanganan darurat juga segera dilakukan dengan mendirikan posko bencana serta memberikan bantuan logistik ke beberapa desa yang terdampak.

Berdasarkan analisis InaRisk, Kabupaten Sekadau merupakan wilayah dengan potensi bahaya banjir pada kategori sedang hingga tinggi.

Salah satu langkah prefentif gerakan penguatan tanggul sungai dan penguatan jejaring komunikasi berbasis komunitas juga dapat dilakukan sebagai bentuk peringatan dini.

Baca juga : Top Skor, Rashid Susah Tergantikan Di Skuad Persib

Ia mengingatkan wilayah Kabupaten Sekadau berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah kabupaten/kota di Kalimantan Barat. (MFA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.