Dark/Light Mode

Akselerasi Vaksinasi Di Aceh

Kapolri Minta TNI-Polri Sinergi Dengan Tokoh Agama Dan Adat

Selasa, 2 November 2021 19:49 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh, terkait evaluasi penanganan Pandemi Covid-19, Selasa (2/11). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh, terkait evaluasi penanganan Pandemi Covid-19, Selasa (2/11). (Foto: Divhumas Polri)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan itu, Sigit juga mengingatkan kunci untuk menghadapi Pandemi Covid-19 adalah melakukan strategi kombinasi.

Yakni, melaksanakan vaksinasi secara maksimal, menjaga dan selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes), serta melakukan treatment terhadap masyarakat yang positif virus Corona, agar bisa diselamatkan.

Baca juga : Kapolri Tegaskan Sinergitas TNI-Polri Kunci Sukses Hadapi Berbagai Ancaman

"Dengan kerja keras ini, Alhamdulillah Indonesia berada di rangking satu untuk kemampuan kita kendalikan laju Covid-19 se-Asia Tenggara. Jadi saya kira ini harus dipertahankan tentunya dengan akselerasi vaksinasi," ucapnya, bangga.

Selain untuk mengejar target vaksinasi, para tokoh agama dan tokoh adat juga digandeng untuk bersama-sama melawan informasi palsu atau hoaks soal vaksin. Informasi ini, menyebabkan sebagian masyarakat masih merasa takut untuk disuntik vaksin.

Baca juga : Luhut: Cakupan Vaksinasi Dosis 2 Kita Masih Kalah Dari Singapura Dan Malaysia

"Terhadap yang belum vaksin dan masih takut dengan hoaks. Tadi sudah disampaikan oleh para tokoh bahwa itu tentunya tidak benar. Membangkitkan antusias masyarakat mau divaksin, sangat penting. Dan ini perlu kerja keras, kerja sama dari seluruh rekan-rekan stakeholders, temasuk rekan media untuk bantu sosialisasikan," papar Sigit.

Dengan adanya percepatan vaksinasi dan penerapan prokes, Sigit menyebut, Indonesia akan bisa mengantisipasi potensi lonjakan Covid-19 di akhir tahun nanti, yang dimana ada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Baca juga : Cakupan Vaksinasi Di Victoria Tembus 80 Persen, Melbourne Longgarkan Prokes

"Indonesia bisa mempertahankan terkait pengendalian Covid-19 khususnya hadapi akhir tahun. Karena biasanya akan terjadi lonjakan. Ini harus kita jaga dengan prokes yang kuat dan vaksin yang lebih cepat. Dengan demikian laju Covid-19 bisa dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi diharapkan bisa semakin meningkat," tandas Sigit.

Selain memimpin rapat Forkopimda, Panglima TNI dan Kapolri juga meninjau secara langsung serbuan vaksinasi yang diselenggarakan di Banda Aceh Convention Hall (BACH), serta diikuti serentak di 23 kab/kota se-Provinsi Aceh. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.