Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Musim Penghujan, Ganjar Minta Masyarakat Siaga Hadapi Bencana Alam

Kamis, 4 November 2021 14:47 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi ancaman bencana alam pada musim hujan ini. Soalnya, BMKG memperkirakan, curah hujan pada Desember 2021 cukup tinggi.

"Terutama untuk Kabupaten Kudus harus menjadi perhatian karena langganan terjadi bencana alam," ujar Ganjar di sela-sela kegiatannya, di Kudus, Jawa Tengah, Kami (4/11).

Baca juga : SWI Ingatkan Masyarakat Kenali Dan Waspadai Pinjol Ilegal

Ia mengemukakan, Kudus rawan bencana alam antara lain karena kondisi geologis serta hutan di Pegunungan Muria yang perlu penghijauan secara gotong royong oleh pihak Kabupaten Pati, Jepara, dan Kudus.

Semua orang, kata Ganjar, harus peduli dan tetap menghijaukan lagi kawasan tersebut agar tidak berada dalam ancaman bencana alam.

Baca juga : Ada Klaster PTM, Ganjar Minta Sekolah Tetap Jaga Prokes

"Karena waktunya tidak hanya setahun dua tahun, melainkan bisa sampai 10 tahunan untuk menahan kemungkinan terjadinya banjir, termasuk Pegunungan Kendeng yang juga lintas wilayah harus dikeroyok bareng-bareng," tuturnya.

Ia mengatakan, penanaman pohon penghijauan hingga tumbuh besar membutuhkan waktu cukup lama. "Maka perlu disiagakan," imbuh Ganjar.

Baca juga : Dubes Bangladesh Mostafizur Rahman, Gelar Donor Darah Saat Rayakan Hari Kemerdekaan

Ia juga mengatakan pentingnya pemerintah kabupaten/kota memberikan edukasi dan menyebarkan peta bencana kepada masyarakatnya.

"Dengan kondisi seperti ini serta melihat curah hujannya, maka personel perlu disiagakan, termasuk kebutuhan logistiknya," imbaunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.