Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilih Andika, Jokowi Mantap

Mahfud MD: Cocok, Kompeten, Dan Berkualitas

Kamis, 4 November 2021 15:31 WIB
Pilih Andika, Jokowi Mantap
Pilih Andika, Jokowi Mantap

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai, Jenderal TNI Andika Perkasa cocok menjadi pimpinan tertinggi di institusi TNI.

"Dari sudut kompetensi dan profesionalitas saya yakin Jenderal Andika sangat berkualitas," kata Mahfud MD dalam keterangannya, Kamis (3/11).

Bagi Mahfud, siapapun perwira tinggi TNI yang berada di pucuk pimpinan matranya, bukan orang sembarangan. Mereka adalah orang terpilih dan generasi terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia.

"Jika jabatan sudah sampai ke Kepala Staf Angkatan, baik darat laut, maupun udara, pastilah merupakan orang yang terbaik dari matranya," sebut Mantan Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur ini.

Baca juga : Rapat Dengan Mahfud MD, Menpora Tegaskan PON Papua Berjalan Sukses

Siapapun Jenderal bintang empat yang akhirnya dipercaya presiden menduduki posisi tertinggi di institusi TNI, itulah sosok terbaik dan dianggap lebih memenuhi kebutuhan saat ini.

"Pertimbangan Presiden Jokowi memilih Pak Andika tentu didasarkan pada tantangan dan kebutuhan aktual yang komprehensif sekarang ini," tambahnya.

Mahfud memahami, ada gejolak yang muncul menjelang masa pergantian jabatan Panglima TNI. Namun, Mahfud mengapresiasi presiden yang memilih Panglima tanpa goyah oleh opini yang berkembang di masyarakat.

"Pilihan presiden sudah tepat dan mantap sesuai dengan hak prerogatifnya, beliau tidak diombang-ambingkan oleh opini yang tidak relevan," puji Mahfud.

Baca juga : Mahfud MD: Banyak Kaum Sarungan Jadi Pejabat

Lebih lanjut, Menko Polhukam yakin, menilik sepak terjang Jenderal Andika, ia pun merasa cocok dengan kinerja jenderal TNI yang kini memegang tongkat komando Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu.

"Bagi saya sebagai Menko Polhukam yang sudah dua tahun bekerja sama dengan Pak Andika rasanya cocok. Tinggal melanjutkan apa-apa yang sudah kita kerjakan bersama dengan Pak Hadi Tjahjanto," yakin Mahfud.

Secara personalitas, Mahfud menilai Jenderal Andika merupakan pimpinan TNI yang sangat tegas. Namun pembawaannya tetap ramah dan penuh senyum. Walaupun begitu, integritasnya sebagai prajurit dan profesionalitasnya lebih dari cukup.

"Pak Andika itu tegas tapi penuh senyum dan selalu correct. Sama dengan Pak Hadi Tjahjanto. Keduanya merupakan tentara yang profesional, humanis, dan kental dengan kultur Indonesia," pungkas mantan Ketua Mahkamah Kostitusi (MK) ini.

Baca juga : Jokowi: Saya Tunggu-tunggu 7 Tahun, Baru Terealisasi Hari Ini

Teka-teki calon Panglima TNI terjawab sudah. Mensesneg Pratikno mengantar Surat Presiden (Surpres) ke DPR, yang isinya mengajukan KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun bulan ini.

Surpres pencalonan Andika itu diterima langsung Ketua DPR Puan Maharani. Setelah menerima Surpres itu, Puan langsung mengajak Pratikno untuk menggelar konferensi pers bersama. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.