Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ingat Ya, Demam Usai Vaksin Hanya Sementara

Senin, 15 November 2021 08:00 WIB
Ilustrasi. Demam usai disuntik vaksin Covid-19. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. Demam usai disuntik vaksin Covid-19. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Senada, @m_r_s_klee juga mengaku pernah terkena KIPI dengan gejala mual dan nyeri di lengan selama 4 hari. Dia mengucap syukur karena vaksinator mau tanggung jawab dengan cara menghubunginya dan memberikan langkah-langkah penanganan.

“Kalau menunjukkan efek samping usai vaksin Covid-19 berupa demam, mohon minum paracetamol,” saran @belowva.

Baca juga : Pertagas Kembali Gelar Vaksinasi Covid-19 Di Jawa Timur

Akun @ssarie_s menegaskan, vaksin Covid-19 sudah dinyatakan aman oleh BPOM dan dinyatakan halal oleh MUI. Meski memiliki beberapa efek samping, gejala efek samping masih dalam kategori ringan dan tidak berbahaya.

“Manfaat vaksin jauh lebih besar dibanding efek samping yang sifatnya ringan dan sementara,” ujar @UnicefIndonesia.

Baca juga : Dongkrak Prestasi, Xavi Bikin 10 Aturan Disiplin Di Barca

“Demam, nyeri usai vaksin itu biasa. Artinya, vaksin bekerja. Yang aneh justru setelah vaksin nggak ada reaksi apapun. Jadi, harusnya pemerintah memberi edukasi, apa yang harus dilakukan masyarakat ketika usai vaksin,” kata @arifbsantoso.

Akun @rennelsfoody kesal dengan orang yang menakuti-nakuti masyarakat dengan menyebarkan isu usai vaksin Covid-19 terus meninggal. Terlebih lagi, orang tersebut memang tidak mau vaksin Covid-19, sehingga mencari tidak vaksin. “Capek menghadapi orang kayak gini,” keluhnya.

Baca juga : Sandiaga Selangkah Lebih Maju

Menurut @theaqyal, cara vaksinasi di Indonesia berbeda dengan negara-negara lain. Di negara lain, data KIPI ditampilkan dan selalu melakukan evaluasi setiap minggu.

Akun @neng_ajalah menimpali. Kata dia, bila ada KIPI setelah divaksin sampai harus berobat ke rumah sakit, seharusnya gratis. Termasuk, meninggal usai vaksin kudu diberi santunan. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.