Dark/Light Mode

Komisi VI DPR Apresiasi Bisnis Data Center TelkomGroup

Selasa, 15 Februari 2022 11:28 WIB
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah (kiri) memberikan cindera mata kepada Wakil Ketua Komisi VI DPR, Mohamad Hekal dalam kunjungan kerja Komisi VI DPR ke fasilitas data center TelkomGroup, Kamis (10/2).
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah (kiri) memberikan cindera mata kepada Wakil Ketua Komisi VI DPR, Mohamad Hekal dalam kunjungan kerja Komisi VI DPR ke fasilitas data center TelkomGroup, Kamis (10/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Mohamad Hekal mengapresiasi perkembangan data center milik TelkomGroup, salah satunya progres pembangunan Hyperscale Data Center di Cikarang. 

“Kami sangat bangga dengan perkembangan data center Telkom, terutama dengan pembangunan Hyperscale. Telkom telah memiliki fasilitas dengan kualitas tier 3 dan tier 4 dengan tingkat keamanan 99,99 persen. Mudah-mudahan ini bisa turut mendukung pengembangan teknologi di masa yang akan datang,” ujar Hekal saat kunjungan kerja ke fasilitas data center di 3 lokasi, yakni Serpong, Sentul, dan Cikarang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/2).

Anak buah Prabowo Subianto ini pun berharap data center ini bisa mendukung perusahaan rintisan (startup) anak negeri dan menjadi tulang punggung bagi perkembangan digitalisasi Indonesia. 

“Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kemampuan Indonesia untuk dapat mendukung startup baru yang akan muncul dari anak negeri dan juga dapat menjadi tulang punggung untuk perkembangan digitalisasi Indonesia supaya kita bisa mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi yang paling terkini,” tambahnya.

Baca juga : Komisi IX DPR Akui Anggaran BP2MI Masih Kecil

Senada dikatakan Eko Hendro Purnomo. Politisi PAN ini mengapresiasi keseriusan Telkom dalam mengembangkan data center. Ia menyebut, ke depannya kebutuhan data center akan sangat tinggi dan akan sangat bermanfaat bagi generasi dalam negeri.

“Saya melihat keseriusan yang luar biasa bagaimana Telkom berusaha untuk mengembangkan data center ini karena saya yakin ke depannya data center ini sangat dibutuhkan. Di antaranya untuk melayani startup maupun industr) game dan juga aplikasi-aplikasi lain yang semakin berkembang” kata Eko.

27 Data Center Terhubung 

Sementara Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengungkapkan, saat ini progres pembangunan Hyperscale Data Center Cikarang fase 1 telah selesai dilakukan. 

Baca juga : Komisi II DPR Kuliti Mental Calon Anggota KPU

“Totalnya ada 27 data center yang saling terhubung, termasuk yang berskala besar, Hyperscale Data Center di Cikarang ini,” sebut Ririek. 

Ia mengatakan, pengembangan data center merupakan salah satu wujud keseriusan Telkom untuk menjadi pemain besar pada bisnis digital platform, yang juga sejalan dengan langkah transformasi dan visi Telkom menjadi digital telco. 

“Permintaan pasar data center di Indonesia tumbuh sangat pesat sehingga menjadi peluang besar bagi Telkom untuk menjadi pemain dominan di market. Data center  sangat bermanfaat pada perkembangan teknologi 5G nantinya,” jelasnya.

Tak hanya infrastruktur, lanjut Ririek, Telkom juga menawarkan konsep lengkap dalam bisnis data center. Telkom memiliki tiga aspek penting dalam bisnis data center, yakni seamless, connectivity, dan eyeball. Seamless ini karena terhubung dengan seluruh data center milik TelkomGroup termasuk juga ke edge data center. Lalu connectivity karena Hyperscale Data Center terhubung dengan infrastruktur backbone broadband TelkomGroup. Terakhir, akses kepada pelanggan TelkomGroup (eyeball) yang merupakan pengguna bisnis digital.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Berdirinya Universitas Internasional Papua

“Dengan kapasitas dan kapabilitas Telkom mengembangkan platform digital melalui data center, diharapkan dapat mengakselerasi digitalisasi nasional dan menjadikan Indonesia ke depannya yang lebih baik lagi,” pungkasnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.