Dark/Light Mode

Komisi II DPR Kuliti Mental Calon Anggota KPU

Senin, 14 Februari 2022 20:53 WIB
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi II DPR sedang melaksanakan fit and proper test untuk calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2017. Fit and proper test ini digelar selama 3 hari, yaitu 14-16 Februari 2022.

Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus memastikan, fit and proper test ini dilaksanakan secara terbuka dan independen. Komisi II DPR akan mengkritisi setiap calon anggota KPU dan Bawaslu secara tajam dengan memperhatikan integritas, kapabilitas, dan independensi para calon.

Baca juga : Ketua DPRD DKI Akui Ikut Andil Sahkan Anggaran Formula E

"Faktor inovasi dan kreativitas serta mental dari calon komisioner KPU akan kita kuliti dengan cermat. Bukan sekadar mendalami hal-hal yang bersifat normatif. Bagaimanapun, fit and proper test yang digelar Komisi II ini merupakan benteng terakhir untuk menyaring dan mendapatkan calon komisioner KPU-Bawaslu yang terbaik dan berkualitas," ujar Guspardi, seperti dikutip dpr.go.id, Senin (14/2).

Guspardi menerangkan, sebelum melakukan fit and proper test, Komisi II DPR telah memberikan waktu bagi masyarakat yang ingin memberikan informasi, masukan, dan catatan mengenai rekam jejak 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu. Menjelang fit and proper test, Komisi II juga menerima masukan dari perwakilan Maju Perempuan Indonesia (MPI), Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), dan Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) pada Kamis (10/2).

Baca juga : Komite II DPD Puji Capaian Kinerja Kementan 2021

"Dalam fit and proper test ini, masing-masing calon diberikan waktu paling lama 1 jam untuk menyampaikan visi dan misi, termasuk memberikan tanggapan dari pertanyaan yang diajukan anggota Komisi II. Masukan dan catatan dari berbagai elemen masyarakat kita jadikan bahan dan perhatian untuk dapat mengkritisi para calon dengan lebih tajam dan lebih substansial," terang politisi PAN ini.

Setelah fit and proper test, akan langsung dipilih 7 orang anggota KPU dan 5 orang anggota Bawaslu dengan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan aksesnya terbuka untuk umum. "Siapa pun yang dipilih oleh Komisi II nantinya merupakan sosok yang terbaik untuk membawa penyelenggaraan pemilu yang lebih maju dan berkualitas," pungkas Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.