Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Kenormalan Baru, Lestari Ajak Bangun Kemandirian

Selasa, 15 Februari 2022 19:56 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebijakan pelonggaran dengan pengawasan ketat harus dibarengi dengan upaya mempersiapkan masyarakat agar mampu hidup berdampingan dengan virus Corona.

"Melihat pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hampir dua tahun di negeri ini, pesan yang sangat kuat dari berbagai peristiwa di masa pandemi ini adalah bahwa masyarakat harus dipersiapkan mampu hidup berdampingan bersama virus Corona," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/2).

Pada Senin (14/2) Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dengan pengawasan ketat. Pelonggaran yang dilakukan antara lain Work From Office (WFO) pada level 3 yang semula dibatasi 25 persen kapasitas gedung, kini diperbolehkan 50 persen kapasitas gedung.

Baca juga : Jangan Anggap Enteng, Varian Omicron Tularkan Banyak Orang Dan Mematikan

Karena berdasarkan catatan pemerintah, sejumlah wilayah PPKM level 3 mulai mengalami perbaikan, bahkan diklaim lebih landai pada beberapa hari terakhir. Namun di sejumlah daerah lainnya masih menunjukkan tren peningkatan.

Berdasarkan catatan jumlah kasus Covid-19 yang cenderung fluktuatif sepanjang dua tahun terakhir, menurut Lestari, sudah waktunya seluruh lapisan masyarakat di negeri ini untuk meningkatkan daya adaptasi dengan kondisi tersebut.

Rerie, sapaan akrab Lestari mendorong agar berbagai upaya edukasi masyarakat terkait tata kelola hidup berdampingan dengan virus korona terus ditingkatkan agar masyarakat benar-benar siap menjalani keseharian.

Baca juga : Kapolda NTB Apresiasi Kesiagaan PLN Jaga Pasokan Listrik Di Sirkuit Mandalika

Norma-norma baru dalam keseharian, ujar Rerie, seperti antara lain persyaratan vaksinasi Covid-19 lengkap, disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) dan kepatuhan setiap kebijakan pengendalian Covid-19, harus menjadi pemahaman seluruh lapisan masyarakat dalam memasuki kenormalan baru.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, berharap upaya edukasi yang intensif tentang norma-norma baru di masa pandemi ini segera ditingkatkan. Rerie mengajak semua pihak untuk peduli terhadap berbagai upaya untuk menanamkan  pemahaman norma-norma baru kepada masyarakat.

"Karena, pemahaman tentang norma-norma baru itu, merupakan landasan untuk membangun kemandirian masyarakat dalam menjalani aktivitas keseharian di masa kenormalan baru," pungkasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.