Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkasa Di Sulawesi

Beringin Mampu Bikin Indonesia Timur Kuning

Senin, 14 Maret 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menargetkan Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Indonesia Timur menjadi lumbung suara Beringin pada Pemilu 2024.

Peneliti Senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby menyebut, target itu cukup realistis. Sebab, Partai Golkar memang menguasai wilayah Indonesia Timur dalam pemilu-pemilu sebelumnya.

Menurutnya, Golkar masih powerfull di sejumlah wilayah yang lebih banyak populasinya di Indonesia Timur, terutama pulau Sulawesi. Dari mulai Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Gorontalo adalah provinsi basis tradisional Beringin.

Baca juga : Puan: Kelangkaan Minyak Goreng Berkepanjangan Bisa Timbulkan Kegaduhan

“Kalau secara total pemilih di Indonesia Timur, Golkar memang selalu perkasa. Bisa jadi pemilu 2024 nanti kembali menguasai di wilayah ini,” kata Adjie kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Namun, yang menjadi catatan bagi Golkar adalah suara di luar provinsi tersebut. Kader Golkar harus bekerja keras untuk merebut suara partai lain di luar Pulau Sulawesi.

“Golkar mulai kehilangan pamor dan diimbangi partai lain. Misalnya, PDI Perjuangan di Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku. Ada juga Partai Demokrat di wilayah Papua,” sarannya.

Baca juga : Menpora Ingin Judo Indonesia Tampil Di Olimpiade

Adjie menyarankan, kerja-kerja keberhasilan Airlangga terus disosialisasikan para kader baik secara langsung maupun lewat media sosial. “Harus semakin gencar karena yang lain juga sudah panas mesinnya. Sasar provinsi basis-basis partai lain dengan maksimal,” tuturnya.

Sebelumnya, hasil survei PolMark Indonesia menyebut, Partai Golkar menempati posisi pertama dengan angka elektabilitas sebesar 20,7 persen di Provinsi Sulawesi Selatan. Golkar dianggap sangat berpeluang mempertahankan dominasinya di provinsi itu pada Pemilu 2024 mendatang.

“Survei elektabilitas partai politik di Sulawesi Selatan per Daerah Pemilihan (Dapil) versi Polmark Indonesia diduduki urutan pertama Partai Golkar dengan angka 20,7 persen,” kata CEO Polmark Indonesia, Eep Saefullah Fatah.

Baca juga : Selalu Berinovasi, Bank DKI Raih Indonesia IT Award 2022

Diikuti posisi kedua Nasdem 8,5 persen, disusul Gerindra 8,4 persen, PPP 7,9 persen, Demokrat 5,2 persen, PDIPerjuangan 5,1 persen, PAN 4,0 persen, PKS 3,3 persen, PKB 1,7 persen, Perindo 0,8 persen, PBB 0,5 persen, Hanura 0,4 persen, Gelora 0,3 persen, Garuda 0,2 persen, PSI 0,2 persen, Berkarya 0,2 persen, dan PKPI 0,1 persen.

Diketahui, akhir pekan kemarin, Airlangga memang bersafari menjalani sejumlah agenda di Sulsel. Pertama saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Pemenangan Pemilu se-Sulawesi, di Makassar Jumat (11/3) malam. Di depan para kaderinilah, Airlangga ingin Golkar menang mutlak di Sulawesi dan Indonesia Timur. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.