Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puan Minta IPU Jadi Teladan Kesetaraan Gender

Rabu, 23 Maret 2022 18:38 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani menaruh perhatian besar pada isu kesetaraan gender dalam Inter Parliamentary Union (IPU) 20-24 Maret di Nusa Dua, Provinsi Bali.

Dalam pidatonya di pembukaan sidang ke-144 IPU, Puan mengingatkan, perempuan terkena dampak yang paling besar, delapan puluh persen dari displaced persons akibat perubahan iklim adalah perempuan.

Di depan parlemen anggota IPU Puan menekankan perlu bekerja sama untuk memastikan kepentingan perempuan tetap didengar, dan kebutuhannya diperhatikan.

Baca juga : Sihar Sitorus Dukung UNICEF Suarakan Anggaran Perlindungan Hak Anak

"Ketidaksetaraan gender berarti tidak dilaksanakannya secara penuh demokrasi dan hak asasi manusia. Kita perlu memastikan partisipasi aktif perempuan pada proses pengambilan keputusan, terutama di badan publik. Kesetaraan gender juga terkait akses kepada kekuasaan,"ujar Puan, Selasa (22/3).

Menurut Menko PMK 2014-2019 ini perempuan perlu mendapat akses yang sama kepada kekuasaan dan untuk menjadi bagian dalam pengambilan keputusan. Merela yang memegang kekuasaan harus memiliki wawasan untuk mengembangkan kesetaraan gender.

"IPU harus berada di garis terdepan, lead by example, dalam mengarusutamakan kesetaraan gender," beber Puan.

Baca juga : Indonesia Usulkan Jalan Tengah Tuntaskan Konflik Rusia-Ukraina

Lebih lanjut, Ketua DPP PDI Perjuangan ini menegaskan, parlemendapat menjadi agen perubahan dalam mengimplementasikan agenda kesetaraan gender yang lebih baik di negaranya masing-masing.

"Partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan akan memungkinkan terciptanya kepemimpinan perempuan di berbagai bidang. Kepemimpinan perempuan dapat terlaksana jika terdapat dasar kesetaraan gender yang solid di masyarakat," tegas Puan.

"Membangun kesetaraan gender tidak dapat dilakukan sendiri oleh perempuan. Dibutuhkan kemitraan dan dukungan dari laki-laki. Pendidikan dan lingkungan yang kondusif juga berperan penting dalam membangun kesetaraan gender," tandasnya.

Baca juga : Puteri Komarudin Promosikan Kebijakan Berbasis Perspektif Gender

Dalam pembukaan IPU Minggu (20/3) malam, turut hadir sekaligus membuka sidang ke-144 IPU Presiden Jokowi, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dan sejumlah petinggi negara lainnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.