Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puan Tampilkan Wajah Positif Indonesia Di Forum IPU

Sabtu, 26 Maret 2022 11:40 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani  saat memberikan sambutan dalam Sidang Majelis ke-144 Inter Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua Bali Senin (20/3).
Ketua DPR, Puan Maharani saat memberikan sambutan dalam Sidang Majelis ke-144 Inter Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua Bali Senin (20/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani berhasil tampilkan wajah positif Indonesia di forum Inter Parliamentary Union (IPU). Selama acara berlangsung, Puan mendapat pujian dari forum parlemen dunia IPU saat memimpin Sidang Majelis ke-144 IPU di Nusa Dua Bali, Senin (20/3).

Pengamat politik Indonesia Maju Institute, Andi Purnomo menyatakan, masuk akal jika Puan mendapat apresiasi dari banyak anggota parlemen dunia. Selama acara berlangsung, Politisi PDI Perjuangan ini tampil mengesankan. 

Baca juga : Perusahaan Malaysia Jalankan Inovatif Market Immersion Di Indonesia

Putri Taufiq Kiemas ini berhasil menangkap keresahan publik dengan membahas beragam isu kekinian, seperti masalah lingkungan, perang di Ukraina, kepemimpinan muda, serta dukungan kemerdekaan Palestina. 

“Puan tampil bagus di forum IPU dan diapresiasi anggota parlemen dunia. Ini membuat wajah Indonesia positif di mata dunia,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/3).

Baca juga : Parah, Timnas U-19 Indonesia Dibantai Korsel 7-0

Apalagi, kata dia, para delegasi melakukan standing applause paska Puan menutup acara. Hal ini mengisyaratkan respek dan kagumnya mereka pada sosok Puan, jebolan FISIP Universitas Indonesia ini. Dengan sosok Puan sebagai Ketua DPR Indonesia, Puan membawa wajah dan nama baik Indonesia ke mata dunia. Puan sejauh ini berhasil melakukan itu.

Andi melanjutkan, tantangan Puan saat ini adalah mengawal isu–isu global yang telah diangkat dan dibahas di forum IPU. Bisakah isu–isu ini diteruskan pada kebijakan konkret dan aplikatif. “Puan perlu fokus dan melakukan follow up dengan stake holder terkait paska ini. Misalkan bersama eksekutif merumuskan kebijakan yang aplikatif setelah ini,” ujarnya.

Baca juga : Politik Indonesia Beri Ruang VVIP Untuk Kaum Hawa

Sebagai informasi, ramai komentar positif ditujukan pada Puan. Anggota Parlemen Islandia, David Gunnlaugsson, juga menilai Puan tampil mengesankan. “Indonesia beruntung memiliki wakil rakyat yang mampu berhubungan baik dengan kelompok dunia yang beragam,” jelasnya. 

Sementara Anggota Parlemen Bangladesh, Khaniz Fatina Ahmed menganggap Puan figur yang menarik dan dapat membawa suara perempuan di forum tersebut.  Adapun anggota parlemen Eswatini, Mkhululi Dlami menyatakan, tampilnya Puan adalah sesuatu yang luar biasa. “Seorang perempuan bisa memimpin parlemen di negara besar dan indah seperti Indonesia. Ini indikasi ada perubahan besar di dunia perempuan,” ujarnya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.