Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Cuti Bersama Lebaran 2022

Jauhi Bencana, Mudik Massal Peluang Genjot Perekonomian

Sabtu, 9 April 2022 07:50 WIB
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM.id)
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memutuskan cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada 29 April dan 4-6 Mei 2022. Sementara, tanggal 2 dan 3 Mei 2022 ditetapkan sebagai hari libur nasional Lebaran. Libur panjang dan mudik ini jadi momentum menggenjot ekonomi daerah.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta masyarakat memanfaatkan cuti bersama libur Lebaran 2022 sebaik mungkin. Libur panjang itu berpeluang membangkitkan perekonomian daerah, dengan tetap mengedepankan kewaspadaan bersama.

“Pergerakan massa dalam rentang waktu yang hampir bersamaan pada libur Idul Fitri akan berdampak ekonomi yang sangat besar bagi daerah,” ujar Rerie-panggilan akrab Lestari, dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Pengelola Hotel BUMN Ngarep Okupansi 65 Persen

Rerie meminta pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah mengantisipasi pergerakan massa ini.

“Kesiapan daerah menyambut datangnya para pemudik untuk mendorong roda perekonomian bisa bergerak lebih kencang harus segera dilakukan,” sarannya.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini bilang, persiapan sarana dan prasarana pendukung arus mudik, seperti kesiapan jalan, pasokan bahan bakar dan aparat keamanan harus ditambah.

Baca juga : Jalan Tol Dan Jalan Nasional Sudah Oke, Kemantapan Rata-rata Di Atas 90 Persen

“Jangan sampai mudik yang diharapkan mampu memberi efek kebangkitan ekonomi daerah malah menjadi bencana,” kata dia, mengingatkan.

Diketahui, survei Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maret 2022 menyebut, sebanyak 74,9 juta orang berencana mudik Idul Fitri tahun ini.

Rerie meminta masyarakat turut serta memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik.

Baca juga : Cuti Bersama Lebaran 2022, Peluang Bangkitkan Ekonomi Daerah

Sementara, Ketua Komisi V DPR Lasarus meminta Kemenhub memastikan semua moda transportasi laik operasi. Hal itu dilakukan untuk keberlangsungan atau sustainabilitas pelayanan selama masa angkutan Lebaran 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.