Dark/Light Mode

Ditegaskan Bamsoet

Pimpinan MPR Solid Jaga Suhu Politik Kondusif Jelang 2024

Selasa, 14 Juni 2022 12:50 WIB
Silaturahmi dan makan malam para Pimpinan MPR, di Restoran Tamarind N Lime, Kebayoran Baru Jakarta, akhir pekan lalu. (Foto: Dok. MPR)
Silaturahmi dan makan malam para Pimpinan MPR, di Restoran Tamarind N Lime, Kebayoran Baru Jakarta, akhir pekan lalu. (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo memastikan, dalam menghadapi tahun politik 2024, seluruh Pimpinan MPR yang berasal dari 9 partai politik dan 1 kelompok DPD, tetap solid dan kompak. Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menegaskan, dalam MPR hanya ada satu fraksi, yaitu Fraksi Merah Putih. Tugas MPR sebagai pengatur cuaca agar selalu sejuk, tidak panas menyengat, tidak juga dingin menggigil, akan selalu dijalankan dengan baik.

"Selain memasifkan vaksinasi ideologi menggunakan Sosialisasi Empat Pilar MPR untuk menjaga imunitas bangsa dari berbagai pengaruh ideologi asing dengan paham radikalisme dan intoleransi yang dapat memecah belah bangsa, MPR juga akan terus menggelorakan semangat kebangsaan. Menjadikan Pemilu sebagai pesta demokrasi rakyat yang harus disambut dengan suka cita, bukan justru membawa petaka. Melalui Pemilu, kita tebarkan kegembiraan dalam keberagaman," ujar Bamsoet, usai pertemuan silaturahmi dan makan malam bersama para Pimpinan MPR, di Restoran Tamarind N Lime, Kebayoran Baru Jakarta, akhir pekan lalu.

Baca juga : Ini Keseruan Grand Final Skyline Cook Off Challenge 2022

Para Wakil Ketua MPR yang hadir di acara ini adalah Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, Zulkifli Hasan, Hidayat Nur Wahid, dan Arsul Sani. Sementara, Fadel Muhammad berhalangan karena masih kunjungan kerja di daerah.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, selain untuk menjaga suhu politik tetap sejuk, soliditas dan kekompakan antar-Pimpinan MPR juga sangat diperlukan guna menjaga besarnya kepercayaan masyarakat terhadap MPR, sebagaimana terlihat dari berbagai survei.

Baca juga : Digoyang Isu Munaslub, Golkar Tetap Solid Menangkan Airlangga Di 2024

"Dari survei Indikator Politik Indonesia pada 18-24 Mei 2022, MPR berada di urutan pertama sebagai lembaga representasi perwakilan rakyat yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat sebesar 53,8 persen, disusul DPD sebesar 52,8 persen, dan DPR sebesar 46,1 persen. Dari survei Charta Politika pada 10-17 April 2022, MPR juga berada di urutan pertama yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat sebesar 63,5 persen, disusul DPD sebesar 56,2 persen, serta DPR sebesar 53,9 persen," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, dari survei yang juga dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 11-12 Februari 2022, MPR juga menempati peringkat pertama sebagai lembaga representasi perwakilan rakyat yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat, yakni sebesar 67 persen. Disusul DPD sebesar 65 persen dan DPR persen. 

Baca juga : Optimalkan Belanja Pemerintah, Menperin: Ayo Beli Produk Industri Lokal Sebanyaknya

"Meningkat dari survei serupa yang juga dilakukan Indikator Politik pada 17 hingga 21 September 2021 yang memperlihatkan MPR tetap mendapatkan tingkat kepercayaan tinggi sebesar 57 persen, disusul DPD sebesar 52 persen, serta DPR 50 persen," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.