Dark/Light Mode

Dipastikan Bamsoet

Pelantikan Pengurus Baru FKPPI Akan Rekatkan Lintas Generasi Anak Kolong

Rabu, 9 Maret 2022 21:40 WIB
Presiden Jokowi didampingi Wakil Ketua Umum FKPPI Bambang Soesatyo dalam Apel Kebangsaan Bela Negara FKPPI di Monas, 2017. (Foto: FKPPI)
Presiden Jokowi didampingi Wakil Ketua Umum FKPPI Bambang Soesatyo dalam Apel Kebangsaan Bela Negara FKPPI di Monas, 2017. (Foto: FKPPI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo tengah mempersiapkan pelantikan Pengurus Pusat FKPPI periode 2021-2026 di bawah kepemimpinan Ketua Umum Pontjo Sutowo. Rencananya, pelantikan akan diselenggarakan pada 30 Maret 2022, di Hotel Sultan, Jakarta.

Pelantikan direncanakan akan dihadiri para pembina utama FKPPI, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Bamsoet, sapaan akrab Bambang, berharap Presiden Jokowi juga hadir untuk dapat memberikan amanat kebangsaan kepada seluruh kader organisasi anak kolong FKPPI di seluruh Indonesia.

Baca juga : Bamsoet Bangga 5 Pembalap Jatim Go Intermasional

"Pelantikan pengurus FKPPI tersebut sekaligus menjadi ajang silaturahmi para kader FKPPI dengan Dewan Pembina FKPPI. Mengingat sebagai anak kolong, para kader FKPPI wajib menjaga dan setia pada Sapta Marga sebagai doktrin prajurit TNI serta Tribrata dan Catur Prasetya sebagai doktrin anggota Polri dalam menghadapi berbagai tantangan yang mencoba memecah belah bangsa melalui gerakan anti toleransi yang mengadu domba suku, ras dan agama," ujar Bamsoet, usai rapat persiapan pelantikan Pengurus Pusat FKPPI 2021-2026, di Jakarta, Rabu (9/3).

Turut hadir para pengurus FKPPI, antara lain Sekjen Anna R Legawati, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Mohammad Shalahuddin, serta Wasekjen Faisal Hasbi Ali.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Pentingnya Bangun Kekuatan Pertahanan Indonesia 2045

Ketua MPR ini menegaskan, organisasi FKPPI sangat solid di bawah kepemimpinan Ketua Umum Pontjo Sutowo. Tidak terpecah dalam dualisme. Sebagaimana disampaikan Pontjo Sutowo, menjelang pelantikan pengurus FKPPI 2021-2026, FKPPI memiliki empat program prioritas. Terdiri dari konsolidasi emosional, konsolidasi organisasi, konsolidasi kaderisasi, dan konsolidasi wawasan.

"Keempatnya dibutuhkan dalam melanjutkan pembangunan FKPPI yang bersatu dan berdaulat, sekaligus meningkatkan perjuangan dalam mengamalkan dan mempertahankan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta Bhinneka Tunggal Ika. Kesemuanya itu merupakan bagian tidak terpisahkan dari Empat Pilar MPR," jelas Bamsoet.

Baca juga : Menpora Pastikan Keterlibatan Perguruan Tinggi Dalam Implementasi DBON

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, FKPPI juga akan memasifkan program Bela Negara yang tidak hanya dilakukan di tingkat pusat. Melainkan juga dilakukan di setiap daerah. Salah satunya membangun kerja sama dengan Kementerian Pertahanan agar anggota FKPPI bisa terlibat dalam pembentukan Komponen Cadangan Tahun 2022 yang ditargetkan mencapai 2.500 personel.

"Sebagai pengawal ideologi Pancasila, FKPPI juga senantiasa menjadi garda terdepan bangsa dalam mengajak berbagai elemen masyarakat turut terlibat dalam bela negara yang tidak hanya dimaknai sebagai perjuangan fisik. Bela negara mempunyai spektrum yang luas, serta meliputi banyak aspek dan dimensi. Mengingat konsepsi ketahanan nasional juga dibentuk oleh berbagai aspek, antara lain ketahanan politik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial-budaya, dan ketahanan pangan," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.