Dark/Light Mode

Raih Penghargaan BKN Award 2022

Indra Iskandar: Reformasi Birokrasi Setjen DPR Akan Terus Dipacu

Sabtu, 23 Juli 2022 09:49 WIB
Sekjen DPR Indra Iskandar (Foto: Dok. DPR)
Sekjen DPR Indra Iskandar (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen DPR Indra Iskandar meraih penghargaan BKN Award 2022. Indra meraih peringkat tiga penghargaan dalam penghargaan yang diberikan Badan Kepegawaian Negara itu dalam Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, pada Non-Kementerian Tipe Besar.

Penghargaan tersebut diumumkan dalam forum evaluasi pengelolaan manajemen kepegawaian se-Indonesia, melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2022 yang diselenggarakan secara hybrid, dari Batam, Kepulauan Riau, Kamis (21/7). 

Baca juga : Setjen DPR Raih Penghargaan BKN Award 2022

Indra sangat senang dengan penghargaan tersebut. “Saya mengapresiasi sekaligus bersyukur atas penghargaan BKN Award 2022 ini. Ini adalah salah satu bukti bahwa reformasi birokrasi akan terus dipacu di Setjen DPR, dan kuncinya ada dalam manajemen SDM sebagai hulu dari transformasi organisasi,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima RM.id, Sabtu (23/7).

BKN menjelaskan, penghargaan diberikan bagi Instansi Pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing. Mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), sampai dengan pemanfaatan layanan digital ASN.

Baca juga : Jadi Prioritas Penggunaan Dana Desa, Mitigasi Bencana Di Level Desa Harus Siap

Penilaian BKN Award 2022 dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN Terbaik. Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian; Penilaian Kompetensi; Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja; Penerapan Pemanfaatan Data-Sistem Informasi dan CAT. Ketiga, kategori special mention yakni Pilot Project SIASN; dan Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN.

Indra menegaskan, ke depan Setjen DPR akan terus fokus untuk mempercepat merit system dalam pengelolaan SDM, dengan basis kompetensi dan asesmen. Ia berharap, ke depan Setjen DPR dapat berhasil meraih peringkat pertama award BKN tersebut, selain tentu dapat terus menjalankan reformasi birokrasi di tubuh kesekretariatan DPR yang dipimpinnya.

Baca juga : Sekjen Kemendagri Dorong Reformasi Birokrasi Di Kementerian

Award BKN 2022 merupakan ke-8 sejak dibentuk pada 2015. Tujuannya, memacu kinerja Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dalam melaksanakan implementasi manajemen ASN. Sebagai bentuk apresiasi atas komitmen penyelenggaraan manajemen ASN, pemberian BKN Award bagi pengelola kepegawaian di lingkup Instansi Pusat dan Instansi Daerah ini diharapkan menjadi pemacu peningkatan kualitas pengelolaan ASN, khususnya dalam mendukung sistem manajemen ASN berbasis merit system.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.