Dark/Light Mode

Brand Choice Award 2022, Brand Pilihan Konsumen di Ranah Digital

Sabtu, 23 April 2022 21:00 WIB
Brand Choice Award 2022, Brand Pilihan Konsumen di Ranah Digital

RM.id  Rakyat Merdeka - TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada perkembangan brand di Indonesia, melakukan riset Brand Choice Index, untuk mengetahui brand-brand pilihan konsumen di ranah digital. Riset telah dilakukan ke-7 kali ini untuk melihat brand-brand pilihan konsumen, seiring meningkatnya aktivitas digital melalui marketplace masyarakat selama pandemi.

CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo, mengatakan, perubahan lanskap bisnis dari offline ke online, telah diikuti meningkatnya aktivitas brand-brand baik lokal maupun internasional dalam melakukan pemasaran produk di ranah digital dan marketplace. Pelaku brand meyakini dengan meningkatkan aktivitas brand di ranah digital, akan meningkatkan keterpilihan sebuah brand.

Baca juga : Danone SN Jaga Loyalitas Konsumen dengan Layanan Multi-Channel 24 Jam

“Brand dengan pencarian terbanyak di ranah digital atau marketplace, serta mempunyai ulasan terbaik dari konsumen pengguna marketplace, dapat dipastikan brand tersebut akan menjadi brand pilihan konsumen,” jelas Tri Raharjo.

Kedepan, tentunya aktivitas brand di ranah digital akan semakin tinggi. Karena itu, TRAS N CO Indonesia kembali melakukan riset Brand Choice Index untuk mengetahui brand-brand terpilih di ranah online. Penilaian sendiri dilakukan berdasarkan tiga kriteria yakni; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect. “Penilaian Brand Choice Index kali ini dilakukan pada bulan Januari – Maret 2022, terhadap 200 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand terriset,” jelas Tri Raharjo.

Baca juga : Maria Vania, Kasih Kode Pengen Diimami Sama Billy

Ia menambahkan, adapun hasil riset Brand Choice Index Fase 2 dari 200 kategori produk, 10 kategori produk dengan transaksi terbanyak di dua marketplace teratas adalah; Kerudung dengan 1,9 juta transaksi, Mascara (1,6 juta), Sabun Mandi Antiseptik (1,5 juta), Parfum (1,4 juta), Fase Serum (1,4 juta), Bra (1,3 juta), Celana Dalam Wanita (1,1 juta), Nail Polish (826 ribu), Cable Charger (714 ribu), dan Makanan Bayi (686 ribu).

Sedangkan 10 kategori produk dengan ulasan terbanyak di dua marketplace teratas adalah; Mascara dengan 1,09 juta ulasan, Sabun Mandi Antiseptik (1,04 juta), Parfum (936 ribu), Face Serum (926 ribu), Kerudung (856 ribu), Bra (686 ribu), Smartphone (640 ribu), Celana Dalam Wanita (565 ribu), Nail Polish (541 ribu), dan Cable Charger (421 ribu).

Baca juga : Mahfud: Stop Hoax & Ujaran Kebencian Di Ruang Digital!

“Sepanjang periode riset dilakukan, terdapat 34,89 juta transaksi, 19,97 juta review dengan rating rata-rata 4,82 dari 5,” pungkas Tri Raharjo.

Sementara itu, peraih Brand Choice Award 2022 Fase 2, antara lain; Milna untuk kategori Biskuit Bayi dan Makanan Bayi, Aice (Ice Cream), Prenagen (Susu Ibu Hamil dan Menyusui), Mom Uung (Pelancar ASI), Motul (Oli Motor), Mowilex (Cat Kayu), Philips (Lampu LED dan Smart LED), Vinega (Cuka Apel), Joyday (Ice Cream), Mama Bear (Pelancar ASI), Oxone (Knife Set), Pigeon (Bedak Bayi), dan Acmic (Power Adaptor). [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.