Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertemuan Informal Pimpinan MPR, Matangkan Persiapan Rapat Sidang Paripurna

Senin, 5 September 2022 23:02 WIB
Pertemuan informal Pimpinan DPR. (Foto: Dok. MPR)
Pertemuan informal Pimpinan DPR. (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama para pimpinan MPR lainnya melakukan pertemuan informal sambil makan malam untuk menguatkan soliditas gerak langkah MPR dalam menghadapi perkembangan kembangsaan, di NasDem Lounge, Jakarta, Minggu malam (4/9). Salah satunya, mematangkan persiapan Rapat Gabungan MPR yang akan datang tentang rencana pelaksanaan Sidang Paripurna MPR yang rencananya akan digelar Oktober 2022. Rapat Paripurna ini guna meminta persetujuan untuk penetapan Panitia Ad Hoc yang bertugas membahas tentang bentuk hukum dan rancangan substansi Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Menurut Bamsoet, sapaan akrab Bambang, pertemuan informal dengan suasana santai sambil makan malam ini rutin diselenggarakan secara berkala. Sebelum ini, dirinya yang menjadi tuan rumah dengan menjamu rekan-rekan pimpinan MPR di Tamarind & Lime Restoran Kebayoran Baru.

Baca juga : Bawaslu Gelar Sidang Gugatan Partai Pandu Bangsa Hari Ini

“Kini Ibu Lestari Moerdijat yang menjadi rumah, menjamu kita di NasDem Lounge & Restaurant. Berikutnya nanti dua bulan ke depan yang menjadi tuan rumah adalah Bapak Hidayat Nur Wahid. Melalui pertemuan informal dengan suasana yang rileks, kita bisa saling terbuka satu sama lain. Sehingga mudah menyamakan persepsi, sekaligus mudah mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi," ujar Bamsoet.

Yang hadir dalam pertemuan itu adalah para Wakil Ketua MPR yaitu Ahmad Basarah, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, Hidayat Nur Wahid, dan Fadel Muhammad. Sedangkan Yandri Susanto izin umrah, Ahmad Muzani dan Arsul Sani izin sedang ada keperluan lain yang tak bisa ditinggalkan.

Baca juga : Berikan Layanan Prima Bagi Peserta, ASABRI Gandeng Pegadaian

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, saat ini bangsa Indonesia sudah memasuki masa transisi menuju tahun politik. Diharapkan dinamika dan kontestasi politik tetap terjaga, sehingga tidak mengganggu stabilitas sektor perekonomian yang saat ini sedang melakukan pemulihan.

"Sebagai Rumah Kebangsaan sekaligus penjaga iklim cuaca politik, MPR senantiasa mendorong kedewasaan dalam berpolitik dan kedewasaan dalam berdemokrasi dari segenap kontestan Pemilu, untuk menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, serta memegang teguh komitmen dan kesadaran kolektif, bahwa muara akhir dari kontestasi politik adalah terwujudnya pemerintahan negara yang mampu melindungi seluruh rakyat, memberikan rasa aman, dan mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan," jelas Bamsoet.

Baca juga : BIN Dorong Peran Bakohumas Kawal Program Dan Kebijakan Pemerintah Di Papua

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, apa pun hasil daripada pesta demokrasi nanti, tidak boleh menjadi langkah mundur atau mengoreksi berbagai capaian kemajuan yang telah diraih. Karenanya, diharapkan MPR bisa menuntaskan hadirnya Pokok-Pokok Haluan Negara yang akan menjadi pemandu arah bagi pembangunan nasional jangka panjang serta mengikat komitmen segenap komponen bangsa. 

"Dengan demikian, siapapun pengampu pemerintahannya, program dan mekanisme pembangunan berkelanjutan, tetap dapat direalisasikan. Tidak mangkrak d itengah jalan dan tidak ada uang rakyat yang terbuang sia-sia," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.