Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Pertumbuhan Inovasi Digital

Traveloka Kembangkan Talenta Digital Lewat Program Kampus Merdeka

Rabu, 17 Agustus 2022 13:22 WIB
Traveloka Internship Program/Ilustrasi. (Foto: Traveloka)
Traveloka Internship Program/Ilustrasi. (Foto: Traveloka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Traveloka menghadirkan dua program bagi para talenta digital di perguruan tinggi, yaitu Magang bersertifikat Traveloka atau Traveloka Internship Program dan Program Bangkit Kampus. Program ini merupakan kolaborasi serta bentuk dukungan penuh Traveloka terhadap inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di bawah payung Program Kampus Merdeka.

Tingginya potensi ekonomi digital Indonesia menuntut kebutuhan talenta digital yang besar. Pemerintah telah menyatakan, untuk menyambut era Revolusi Industri 4.0, Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital hingga 2030 seiring dengan perkembangan pesat teknologi dan investasi yang terus bertumbuh di sektor ini. Peningkatan keterampilan digital yang sesuai masih dibutuhkan karena kurangnya pembelajaran di institusi perguruan tinggi yang sesuai dengan persyaratan industri.

Guna mencapai keselarasan kualitas sumber daya manusia dengan kebutuhan dunia kerja, peran industri dibutuhkan untuk memberikan pengalaman keterampilan digital terkini. Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Traveloka menghadirkan Traveloka Internship Program yang merupakan program pengalaman belajar berbasis karier.

Sementara, Program Bangkit Kampus merupakan kolaborasi bersama antara Kemendikbudristek dengan Traveloka dan mitra-mitra lainnya, sebagai wadah untuk pelaksanaan studi dan proyek independen dalam mendapatkan kompetensi di bidang machine learning, mobile development, dan cloud computing

Baca juga : Digitalisasi Selamatkan UMKM Di Masa Pandemi

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek Prof Nizam mengatakan, kehadiran Kampus Merdeka bertujuan untuk menjembatani serta mengakselerasi pemenuhan kebutuhan industri dan kompetensi mahasiswa. Program ini melengkapi dan memberikan pengayaan apa yang menjadi kebutuhan dunia kerja dari dasar ilmu yang telah didapatkan dari kelas dan kurikulum.

Kami mengapresiasi Traveloka yang aktif berpartisipasi untuk mendukung program Pemerintah. Kami berharap, program Traveloka Internship Program serta keterlibatan Traveloka dalam Program Bangkit dapat menjangkau lebih banyak mahasiswa dan mengembangkan talenta digital yang selaras dengan kebutuhan dunia industri nasional,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (17/8).

Chief People Operations Traveloka Ellen Tuwaidan mengatakan, talenta digital yang cakap mampu memberikan dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi digital dengan lebih maksimal. Melalui Traveloka Internship Program, pihaknya memberikan kesempatan para mahasiswa untuk berlatih dan menyelesaikan proyek yang relevan dengan konteks bisnis terkini.

“Sebagai lifestyle superapp di Asia Tenggara yang terus berinovasi untuk menghadirkan solusi end-to-end untuk kebutuhan gaya hidup yang didukung oleh teknologi terkini, kami meyakini dengan pengalaman serta mentoring terutama pada divisi teknologi di Traveloka dapat membantu meningkatkan potensi digital para peserta magang melalui pemikiran dan ide-ide inovatifnya,” ujarnya.

Baca juga : Erick: BUMN, Motor Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembuka Lapangan Kerja

Program Traveloka Internship Program berlangsung selama 5 bulan dengan memenuhi sebanyak 20 SKS bagi mahasiswa yang berada di tahun terakhir perkuliahan. Pada batch ketiga yang berlangsung pada 16 Agustus hingga 31 Desember 2022, Traveloka membuka kesempatan untuk program magang di beberapa bidang seperti android engineer, backend engineer, brand activation, business operation, cloud infra, content and social media marketing, data analyst, data engineer, DevOps engineer, employer branding platform, HR business process improvement, dan iOS engineer. Sejauh ini, terdapat 12.607 mahasiswa yang telah mendaftarkan diri. Sebanyak 52 di antaranya bergabung dalam Traveloka Internship Program.

Para peserta magang mendapat kesempatan bereksplorasi sesuai minat dan terlibat proyek nyata dengan bimbingan dan mentoring dari tim Technology, Product, People Operations, dan Marketing Traveloka. Mereka juga memiliki peluang untuk bergabung sebagai karyawan Traveloka setelah program berakhir.

Pada pelaksanaan batch pertama di 2021, sebanyak 8.000 mahasiswa telah mendaftarkan diri dalam Traveloka Internship Program dengan 47 di antaranya bergabung. Sebanyak 22 mahasiswa kemudian berkesempatan bergabung dengan Traveloka sebagai karyawan tetap.

Product Communications, Content & Live Streaming Intern Shabrina Salsabila mengatakan, program magang Kampus Merdeka 2022 di Traveloka memberikan banyak manfaat untuk dirinya. Terlibat dalam proyek pelatihan ekstensif dengan dukungan mentor di Business Unit Xperience, Health & Mart, Shabrina belajar untuk menganalisa kebutuhan dan tantangan kebutuhan digital masyarakat secara langsung yang kemudian menstimulasi kreativitas pemecahan permasalahan tersebut.

Baca juga : Mudahkan Aktivitas Digital, Smartfren Luncurkan Paket Internetan Bebas Worry

Fun, exciting, challenging, dan loving adalah kata-kata yang bisa mendeskripsikan pengalaman saya di Traveloka Internship 2022. Sebagaimana saya mampu memunculkan lebih banyak ide dan inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri digital, saya berharap melalui Traveloka Internship Program akan lebih banyak mahasiswa yang terlibat sehingga akan ada semakin banyak lulusan universitas yang kompeten secara digital,” ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.