Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Fadel Tekankan Pentingnya Budaya Budaya Hadapi Globalisasi

Minggu, 20 November 2022 11:15 WIB
Wakil Ketua MPR Prof. Fadel Muhammad saat Temu Pakar Bersama Pimpinan MPR RI kerjasama MPR dengan Dewan Eksekutif Wilayah (DEW) Rampai Nusantara Provinsi Gorontalo, di Kota Gorontalo, Jumat (18/11).  (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Prof. Fadel Muhammad saat Temu Pakar Bersama Pimpinan MPR RI kerjasama MPR dengan Dewan Eksekutif Wilayah (DEW) Rampai Nusantara Provinsi Gorontalo, di Kota Gorontalo, Jumat (18/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Prof. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa generasi muda Indonesia saat ini hidup di era globalisasi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat tak terbendung, terutama teknologi informasi seperti media sosial yang sangat digandrungi anak muda.

Walaupun dampak positifnya sangat banyak karena mempermudah dalam menjalani aktifitas sehari-hari, namun sisi negatifnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Melalui kecanggihan media sosial, anak-anak muda cenderung mengikuti semua yang sedang tren di dunia dan tidak menyadari lama kelamaan akan mendegradasi pemahaman mereka terhadap budaya bangsa sendiri.

Baca juga : Fadel Yakin Festival Budaya Betawi Gorontalo Tarik Wisatawan Asing

"Inilah yang saya khawatirkan, degradasi budaya tergerus dan akhirnya menghilang," katanya. 

Hal tersebut disampaikan Pimpinan MPR dari Kelompok DPD ini, dalam acara Temu Pakar Bersama Pimpinan MPR RI kerjasama MPR dengan Dewan Eksekutif Wilayah (DEW) Rampai Nusantara Provinsi Gorontalo, di Kota Gorontalo, Jumat (18/11).

Acara yang menghadirkan tema sentral 'Degradasi Budaya dan Upaya Mempertahankan Nilai-Nilai Luhur Budaya Gorontalo Sebagai Nilai-Nilai Kebangsaan Indonesia' ini dihadiri Ketua DEW Rampai Nusantara Prov. Gorontalo Yakop AR Mahmud dan anggota Rampai Nusantara sebagai peserta.

Baca juga : Pendatang Baru Janji Tancap Gas

Berbagai upaya untuk meminimalisir dampak negatif globalisasi tersebut, lanjut Fadel Muhammad, salah satunya dengan melestarikan budaya bangsa, seperti yang dilakukan organisasi Lamahu dan Pemda DKI Jakarta yang menyelenggarakan Festival Seni Budaya Betawi Gorontalo Ke-2 di Provinsi Gorontalo, tanggal 19-20 November 2022.

"Festival tersebut, penuh dengan edukasi kepada masyarakat dan generasi muda tentang kekayaan budaya Betawi dan Gorontalo. Pada intinya, massifnya pemahaman budaya menjadi sangat penting. Sebab, nilai-nilai budaya bangsa bisa menjadi benteng dari efek negatif globalisasi," ujarnya.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini menegaskan, sebagai lembaga negara milik rakyat MPR tentu sangat concern akan hal tersebut.

Baca juga : Di KTT APEC, Jokowi Tekankan Pentingnya Kerja Sama Sebagai Solusi Tantangan Global

"Kami di MPR tentu sangat peduli terhadap pemahaman generasi muda kepada budaya bangsanya sendiri. Untuk itulah MPR membuat dan menjalankan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan berbagai metode kepada berbagai kalangan rakyat di seluruh wilayah Indonesia," tambahnya.

Dalam salah satu bagian dari Empat Pilar itu, diutarakan Fadel Muhammad, ada Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan ini menjadi semangat dan pendorong berbagai budaya bangsa yang sangat beragam untuk saling menghormati dan saling mengisi. Walau pun berbeda-beda tapi tetap satu bangsa, satu tanah air Indonesia.

"Saya mengajak anak-anak muda di Rampai Nusantara dan di seluruh Indonesia, segera menyadari persoalan ini dan mendukung serta berkiprah dalam segala kegiatan pelestarian budaya. Jika ini terjadi secara luas, maka jati diri dan karakter generasi muda akan tetap kokoh bahkan bertambah tebal sehingga tidak perlu khawatir lagi terhadap derasnya arus modernisasi," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.