Dewan Pers

Dark/Light Mode

Yandri Susanto: Taufik Kurniawan Tak Kenal Lelah Besarkan PAN

Jumat, 25 November 2022 09:41 WIB
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menyampaikan belasungkawa dan duka cita mendalam atas wafatnya mantan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dan Sekretaris Jenderal DPP PAN pada 2010-2015.

Taufik Kurniawan mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Elisabeth Semarang, Jawa Tengah, sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis, 24 November 2022.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Saya dan keluarga besar Partai Amanat Nasional (PAN) berduka cita dan merasa kehilangan atas wafatnya, saudara kami Dr. Ir. H. Taufik Kurniawan. Semoga almarhum diampuni segala dosanya, dilapangkan kuburnya dan diterima segala amal kebaikannya oleh Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran," kata Yandri Susanto dalam keterangannya, Jumat (25/11).

Berita Terkait : Taufik Kurniawan Wafat, Zulhas Kenang Jasanya Besarkan PAN

Yandri menyebut, Taufik Kurniawan sebagai sosok yang tidak pernah lelah berjuang dan membesarkan PAN. Ini dapat dilihat dari karir politiknya yang dimulai dari bawah sebagai Ketua Ranting PAN Gajah Mungkur, Kota Semarang hingga menduduki Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah.

Taufik Kurniawan menduduki berbagai jabatan di PAN, hingga menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN tahun 2010-2025 di era Hatta Rajasa. Di lembaga legislatif, pertama kali Taufik Kurniawan menjadi anggota DPR pada periode 2004-2009.

Di lembaga legislatif, Taufik Kurniawan menduduki beberapa posisi seperti Wakil Ketua Komisi V dan Wakil Ketua Fraksi PAN. Lalu, pada periode 2009-2014, setelah terpilih kembali menjadi anggota DPR, Taufik menduduki posisi Ketua Komisi V.

Berita Terkait : Mantan Ketua DPR Taufik Kurniawan Tutup Usia

Pada tahun 2010, Taufik Kurniawan ditunjuk menjadi Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat. Pada periode 2014-2019, Taufik terpilih kembali menjadi anggota dewan dari Dapil Jawa Tengah VII, kemudian ditunjuk kembali menjadi Wakil Ketua DPR.

"Tentu banyak jasa-jasa almarhum untuk PAN," tutur Yandri Susanto, Wakil Ketua MPR dari Fraksi PAN ini.

Yandri menyebut Taufik Kurniawan sebagai sosok yang baik, ramah, suka menolong, dan berkomunikasi dengan lembut. "Semoga almarhum husnul khotimah," doanya. ■