Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pulihkan Masyarakat Cianjur

Siapkan Rehabilitasi Pasca Gempa Bumi

Minggu, 27 November 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi VIII DPR Abdul Wachid. (Foto: Dok. DPR)
Anggota Komisi VIII DPR Abdul Wachid. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan meminta Pemerintah mulai memperhatikan pemulihan kondisi pascabencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sebab, sejauh ini penanganan korban bencana masih berfokus pada penanggulangan kejadian. Pemulihan pascabencana belum menjadi perhatian serius.

Anggota Komisi VIII DPR Abdul Wachid bilang, pemu­lihan kondisi pascabencana gempa bumi di Cianjur sangat penting. Karena para korban bencana sangat membutuhkan perhatian dari mulai infrastruk­tur, sarana-prasarana sampai persoalan membangkitkan ekonomi.

Baca juga : Presiden Jokowi Janjikan Segera Rehabilitasi Rumah Warga Yang Roboh

Ia juga meminta Pemerintah Pusat maupun Daerah perlu lebih menggerakkan Kampung Siaga Bencana (KSB). Karena Indonesia terletak di lingkaran cincin api (ring of fire) sehingga rentan terjadi bencana gempa bumi hingga tsunami.

“Selain potensi bencana gempa bumi, negara kita berada di daerah tropis yang mudah terjadi banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan,” ujar Wachid dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Kolaborasi BUMN Salurkan Bantuan Kemanusiaan Pasca Gempa Cianjur

Meski demikian, Wachid mengapresiasi langkah cepat Pemerintah dalam penanganan korban bencana gempa bumi Cianjur. Semua kementerian/lembaga hingga TNI maupun Polri terjun langsung memberi­kan bantuan

“Saya kira gerak Pemerintah sudah cukup baik, artinya Presiden sudah perintahkan semua pembantunya untuk segera me­nangani masalah bencana,” ujar politikus Gerindra ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.