Dark/Light Mode

Jelang Peringatan Hari Natal

Tolong, Pastikan Ada Pengamanan Maksimal

Sabtu, 24 Desember 2022 08:00 WIB
Anggota Komisi III DPR, Moh Rano Alfath. (Foto: Antara).
Anggota Komisi III DPR, Moh Rano Alfath. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Aparat kepolisian diminta meningkatkan sinergisitas dalam penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Penguatan diperlukan agar penanganan Nataru berjalan lancar.

Anggota Komisi III DPR Rano Alfath mengatakan, sinergisitas aparat dalam pengamanan terutama di tempat-tempat ibadah yang nantinya dipenuhi oleh umat kristiani.

“Tolong, pastikan maximum security untuk gereja-gereja,” ujar Rano dalam keterangannya, kemarin.

Rano mendorong aparat bisa mengedepankan deteksi dini mengantisipasi ancaman dan segala gangguan yang mungkin muncul.

Baca juga : Heru Berharap Perayaan Natal Di Ruang Publik Tumbuhkan Semangat Toleransi Dan Keharmonisan

“Kita harus pastikan beri rasa aman ke sahabat-sahabat umat Kristiani agar melakukan ibadah dengan aman, nyaman dan tenteram,” pinta dia.

Politikus PKB ini berharap, aparat kepolisian bisa berkaca dari beberapa insiden yang terjadi belakangan ini.

Dia mencontohkan peristiwa aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung. Sehingga, aparat penegak hukum diminta bisa meningkatkan kesiagaan dan kewaspadaannya.

Dia menilai, libur Nataru paling rawan aksi terorisme dan radikalisme. Karena itu, aparat wajib meningkatkan kewaspadaannya dan menguatkan sinergi tidak hanya di kota besar saja, juga di daerah-daerah.

Baca juga : DPR Minta Pemerintah Matangkan Rencana Pencabutan PPKM

Rano menjelaskan pentingnya beberapa faktor dalam kamtibmas saat Nataru. Rinciannya, security, perasaan bebas dari gangguan fisik dan psikis; Surety, perasaan bebas dari kekhawatiran.

Lalu, Safety, perasaan terlindung dari segala bahaya. Kemudian, Peace, perasaan damai lahiriah dan batiniah harus benar-benar dipelihara agar masyarakat merasa terayomi.

“Sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas tanpa diliputi rasa takut atau kekhawatiran,” imbuhnya.

Selain itu, Rano juga meminta masyarakat mendengarkan dan mematuhi imbauan dari pihak kepolisian. Sebab, lonjakan masyarakat diprediksi meningkat dalam menyambut libur Nataru kali ini.

Baca juga : PDIP Tegaskan Tak Ada Penundaan Pemilu

“Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, saya juga imbau masyarakat selalu mematuhi regulasi atau prosedur yang dikeluarkan aparat penegak hukum,” imbau dia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan keamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 berjalan nyaman dan lancar.

“Untuk rangkaian proses pengamanan, kami melibatkan kurang lebih 166.791 personel,” ujar Sigit di Jakarta, kemarin.

Sigit menjabarkan, dari keseluruhan personel yang dikerahkan akan terdiri dari aparat kepolisian, TNI, hingga dari pemangku kepentingan lainnya. Polri akan menurunkan sekitar 101 ribu personel. Ditambah dengan dari TNI ada lebih dari 23 ribu, dan sisanya dari seluruh stakeholder terkait. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.