Dark/Light Mode

PUPR Resmikan Rusun STAI Mewah Rp 16,5 Miliar di Kalbar

Jumat, 6 Januari 2023 22:50 WIB
PUPR Resmikan Rusun STAI Mewah Rp 16,5 Miliar di Kalbar

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meresmikan  pembangunan Rumah Susun (Rusun) Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah senilai Rp 16,5 miliar di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah HIlir. 

Rusun yang dibangun satu tower setinggi tiga lantai tersebut memiliki 43 unit hunian tipe 24 dan dilengkapi dengan meubelair di dalamnya serta mampu menampung 170 mahasiswa.

“Kami berharap melalui pembangunan Rusun ini, mahasiswa bisa belajar tinggal di hunian vertikal dan fokus belajar dan menuntut ilmu di bangku kuliah,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Jumat (6/1).

Baca juga : Kemenag Serahkan Bantuan Rp 34,7 Miliar ulUntuk Penyintas Gempa Cianjur

Menurut Iwan, saat ini Kementerian PUPR terus mendorong pembangunan hunian vertikal, termasuk untuk generasi muda. Hal tersebut dilaksanakan agar mereka bisa belajar di hunian vertikal sekaligus mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada.

Sementara itu, Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Aswin Grandiarto Sukahar menjelaskan, peresmian Rusun tersebut dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 Desember 2022 kemarin. 

Proses pembangunan Rusun STAI Mempawah yang terdiri dari tiga lantai ini telah rampung 100 persen dan siap digunakan sebagai asrama mahasiswa untuk mendukung aktivitas belajar mengajar di kampus.

Baca juga : PNM Resmikan Kampung Madani Di Karo, Sumatera Utara

Berdasarkan data yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan, Rusun STAI Mempawah dibangun di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah HIlir. Rusun yang dibangun satu tower setinggi tiga lantai tersebut memiliki 43 unit hunian tipe 24 dan dilengkapi dengan meubelair di dalamnya.

Adapun Kontraktor Pelaksana pembangunan Rusun STAI Mempawah adalah PT. Metro Kreasi Indo Teknik dan Konsultan Manajemen Konstruksi PT. Fini Rekayasa Konsultan KSO dengan PT. Bahtra Jasa Konsultan Teknik dan PT. Artha Teknik Persada. Waktu pembangunan Rusun dilakukan secara multi years contract (MYC) mulai tanggal 7 April 2021 hingga 31 Juli 2022. 

“Pembangunan Rusun ini menelan biaya pembangunan Rp 16,5 miliar serta mampu menampung 170 mahasiswa. Rusun juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti air bersih dan setiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi,” terangnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.