Dark/Light Mode

5.600 Rumah Tangga di Sumut Terima Bantuan Pasang Baru Listrik

Minggu, 4 Desember 2022 16:33 WIB
(Dok. Kementerian ESDM)
(Dok. Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 5.600 rumah tangga di Provinsi Sumatera Utara akan mendapatkan listrik gratis dari Pemerintah melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Salah satunya Kabupaten Batu Bara akan mendapatkan 461 sambungan rumah tangga yang tersebar di 3 kecamatan.

"Hingga 26 November 2022 telah tersambung sebanyak 5.580 rumah tangga di Sumatera Utara melalui Program BPBL yang merupakan sinergi antara Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI)," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari dalam acara Peresmian dan Penyalaan Pertama Program Bantuan Pasang Baru Listrik di Provinsi Sumatera Utara, di Kabupaten Batu Bara (3/12).

Ida menjelaskan, melalui program ini diharapkan akan menambah jumlah pelanggan PLN dan apat mengurangi susut jaringan dari penarikan-penarikan sambungan dari tetangga yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Baca juga : MPKF Turun Tangan Salurkan Bantuan Gempa Cianjur

Sambungan listrik yang tidak sesuai dengan ketentuan keselamatan ketenagalistrikan tentu sangat berbahaya.

"Dari sisi ketenagalistrikan nyantol listrik tidak pas di sisi keselamatan ketenagalistrikan, sebenarnya juga bisa berbahaya, kalau korslet bisa mendatangkan kebakaran dan kesetrum," kata Ida.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR Nasril Bahar menyampaikan dukungannya dengan tetap bersinergi dengan Bupati.

Baca juga : Lagi, Bunda Merah Putih Beri Bantuan Korban Gempa Cianjur

"Kami akan siap bersama dengan Bupati sampai ke kepala desa, kita ingin batubara terang, sehinga kalau penerangan bagus, ekonomi membaik, kejahatan berkurang, tindakan pidana juga akan mengecil," ungkap Nasril.

Menyambut Nasril, Bupati Batu Bara Zahir mengatakan untuk mewujudkan energi berkeadilan, pemerintah Kabupaten Batu Bara bersama DPR dan PLN, bersinergi menyalurkan sambungan listrik gratis dari program BPBL kepada keluarga tidak mampu, yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Batu Bara.

 "Banyak perubahan terhadap di kelistrikan di Batu Bara, Tanjung Tiram dulu gelap sekarang sebagian sudah terang," ujar Zahir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.