Dark/Light Mode

Roro Esti Harap, Oversupply Listrik Penuhi Kebutuhan Industri

Rabu, 8 Februari 2023 17:41 WIB
Politis Golkar, Dyah Roro Esti Widya Putri
Politis Golkar, Dyah Roro Esti Widya Putri

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR dengan PT PLN (Persero) dan Sub Holding PT PLN (Persero) digelar pada Rabu (8/2/2023) di Ruang Rapat Komisi VII, Senayan, Jakarta. Dalam rapat tersebut turut hadir wakil rakyat Gresik dan Lamongan, Dyah Roro Esti, merespons mengenai oversupply listrik PLN.

Dari paparan PT PLN Persero, dilaporkan status per Desember 2022, seluruh sistem kelistrikan memilik daya mampu netto jauh di atas beban puncak (oversupply).

Baca juga : Tirta Mahakam Yakin Mampu Suplai Air Bersih Penuhi Kebutuhan IKN

Dari data yang dipaparkan PLN, beberapa sistem kelistrikan besar di Indonesia memiliki cadangan daya lebih dari 30% beban puncaknya dengan rincian; Jawa Bali sebesar 47%, Sumatera sebesar 40%, dan Kalimantan sebesar 67%. Angka tersebut jauh berada di atas jumlah ideal cadangan daya sebesar 30%.

Roro Esti memaparkan, kunjungannya ke Java Integrated and Ports Estate (JIIPE) Gresik pada Kamis (2/2/23) bersama Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang dalam rangka meninjau pembangunan smelter yang saat ini telah mencapai 51,7%.

Baca juga : Wali Kota Yana Mulyana Lantik Pengurus Ikadin Kota Bandung

Dia menilai, kebutuhan industri di JIIPE yang ditargetkan rampung pada 2024, memiliki peluang besar untuk menyerap listrik dalam jumlah besar. Penyerapan listrik oleh industri ini dapat menjadi salah satu solusi oversupply listrik PLN.

Menurut politisi muda Partai Golkar ini, konsumsi industri akan menyerap listrik yang sangat besar, sehingga oversupply PLN tersebut dapat termanfaatkan dengan baik. Dalam hal ini, Roro Esti bukan hanya menekankan dukungan PLN pada proyek di Gresik, melainkan seluruh industri Indonesia.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Penuhi Kebutuhan Santriwati

Tersalurnya listrik dengan tepat pada industry, lanjutnya, juga akan memberi dampak berkelanjutan bagi kelangsungan industry, baik dari sisi produksi maupun penyerapan tenaga kerja.

Dalam rapat ini pun, Roro Esti menyatakan perlunya rapat tersendiri untuk memetakan alokasi pelanggan PLN di bidang industri dan rumah tangga, agar listrik lebih tepat tersalur dan mendatangkan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.