Dark/Light Mode

Wapres JK dan Sejumlah Menteri Hadiri Peringatan Hari Konstitusi

Minggu, 18 Agustus 2019 12:09 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah, depan) saat tiba di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Minggu (18/8) untuk menghadiri peringatan Hari Konstitusi. (Foto: Shahih Qardhavi/Rakyat Merdeka)
Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah, depan) saat tiba di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Minggu (18/8) untuk menghadiri peringatan Hari Konstitusi. (Foto: Shahih Qardhavi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah elit negeri menghadiri acara peringatan Hari Konstitusi yang diselenggarakan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Minggu (18/8).

Di antaranya, Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi. Dalam pantauan RMco.id, JK tiba di Gedung Nusantara IV pukul 09.50 WIB bersama Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan sejumlah pimpinan MPR lainnya.

Baca juga : KLHK dan Gojek Kolaborasi Pengurangan Sampah Plastik

Dalam sambutannya, Zulkifli mengatakan, konstitusi akan terus berkembang, sesuai tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pemahaman konstitusi yang ada harus sesuai dengan perubahan tersebut.

"Konstitusi adalah hukum yang mengatur negara. Bukan hukum mengenai bagaimana negara mengatur. Negara perlu dibatasi kekuasaannya, agar penyelenggaraannya tidak sewenang-wenang," kata Zulkifli.

Baca juga : Airlangga: Menteri Bukan Diincar, Itu Penugasan Presiden

Hari Konstitusi ditetapkan setiap 18 Agustus, sebagai peringatan terhadap lahirnya konstitusi Indonesia, UUD 1945, yang ditetapkan dalam rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Peringatannya ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 18 Tahun 2008.

Dalam peringatan tahun ini, MPR juga menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Evaluasi Pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.