Dark/Light Mode

Komisi IV DPR Kunjungi Program Kementan Desa Korporasi Sapi Di Lombok Tengah

Minggu, 19 Februari 2023 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Ermarini memimpin rombongan Komisi IV DPR saat kunjungan kerja reses ke kawasan peternakan sapi di Lombok Tengah, Jumat (17/2). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Ermarini memimpin rombongan Komisi IV DPR saat kunjungan kerja reses ke kawasan peternakan sapi di Lombok Tengah, Jumat (17/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah anggota Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Desa Korporasi Sapi Korporasi (DKS) Syari’ah Mandalika Baren Sampi di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (17/2).

Pada kunjungan tersebut, Ketua rombongan Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini menyampaikan, tujuan kunjungan kerja anggota DPR tersebut adalah untuk berdiskusi dan mendengar kendala yang dihadapi oleh petani dan peternak, serta memberikan solusi.

Anggia mengatakan, pihaknya akan memberikan perhatian terhadap program yang diunggulkan oleh Kementerian Pertanian, yaitu program pengembangan kawasan peternakan berbasis korporasi peternak atau dikenal Desa Korporasi Sapi (DKS).

"Ini adalah salah satu bukti keberpihakan kami kepada masyarakat petani dan peternak Indonesia," ucapnya.

Baca juga : Komisi VI DPR Apresiasi Peningkatan Pelayanan Pelanggan Lewat PLN Mobile

Sebagai informasi NTB adalah salah satu provinsi penyangga yang mampu menopang ketersediaan pangan nasional asal ternak khususnya daging sapi di wilayah Indonesia Timur. Populasi sapi di NTB sebanyak 1.320.551 ekor.

Lebih lanjut, Anggia menyampaikan, model program DKS ini sangat menarik sekali karena  bertemunya beberapa kelompok petenak menjadi satu manajemen kemudian mendapatkan  hasil yang maksimal.

"Sebagai bentuk perhatian, kami akan menjembatani kelompok ternak untuk mendapatkan bantuan pasca panen, seperti Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) dan perbaikan akses jalan tani untuk mempermudah pengambilan Hijauan Pakan Ternak (HPT)", ungkap Anggia.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lombok Tengah Muhammad Nursiah menyampaikan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Kementan yang telah memberikan bantuan program Desa Korporasi Sapi (DKS).

Baca juga : Komisi X DPR Soroti Upaya Peningkatan Literasi Nasional

"Dengan adanya program ini, pengembangan sapi dan kerbau di NTB semakin meningkat walaupun belum maksimal, namun secara bertahap kami akan upayakan agar lebih optimal", ungkap M. Nursiah.

Ia pun mengungkapkan, Desa Korporasi Sapi di Kab. Lombok Tengah NTB sudah berbadan hukum dengan nama Koperasi Produsen Syari’ah Mandalika Baren Sampi dan merupakan gabungan dari kelompok Tani Ternak (NTT), yaitu KTT Tandur Desi, KTT Tunas Karya, KTT Dui Urip, KTT Mekar Jati, KTT Mele Maju dengan jumlah anggota koperasi sebanyak 238 orang dan masing-masing mendapatkan bantuan 200 ekor, dengan usaha yang dilakukan, yaitu penggemukan dan pembibitan sapi potong.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Kementan, Makmun menyampaikan, untuk mendukung program pembangunan peternakan dan kesehatan hewan di Provinsi NTB, Kementan telah memberikan bantuan program khususnya Desa Korporasi Sapi yang didalamnya terdapat paket bantuan ternak, pakan, pembagunan biogas.

Selain itu, juga fasilitasi pembangunsn Rumah Potong Hewan (RPH) sebagai sarana pendukung pasca panen.

Baca juga : Kepala BKKBN Puji Program Dan Keseriusan Ganjar Tangani Stunting Di Jateng

"Potensi di NTB ini harus dioptimalkan karena banyak limbah pertanian (biomasa pakan) yang dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi pakan ternak," ungkap Makmun.

Selain itu menurut Makmun, NTB juga mempunyai Potensi Kawasan Pengembangan Pakan Ternak (Lamtoro Taramba) untuk memperbaiki kualitas dagin yang bisa dijadikan menu bali beef.

Di sela-sela diskusi dengan beberapa anggota kelompok ternak, Ade Kirman yang juga merupakan ketua kelompok ternak menyampaikan, pihaknya mewakili anggota kelompok lainnya mengucapkan terima kasi kepada Kementan yang telah memberikan bantuan program DKS.

"Alhamdulillah, keinginan kami sudah terjawab oleh Komisi IV DPR RI untuk dapat mengembangkan pupuk organik, semoga program ini membawa berkah bagi kami," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.