Dark/Light Mode

Senator Papua Barat: Pemerintah Harus Sikapi Penghinaan Mahasiswa Papua di Jatim

Senin, 19 Agustus 2019 19:48 WIB
Jacob Esau Komigi (Foto: Istimewa)
Jacob Esau Komigi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komite I DPD, Jacob Esau Komigi, meminta pemerintah serius menangani insiden yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Sebab, insiden itu yang memicu aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8).

"Kejadian penghinaan mahasiswa Papua di Jawa Timur berakibat reaksi keras dari warga di Tanah Papua. Kami minta Pemerintah menyikapi kejadian ini," ucap Komigi, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin sore (19/8).

Baca juga : Pemerintah Beri Penghargaan Pada Teladan Wana Lestari 2019

Dia meminta Kementerian Dalam Negeri membentuk Tim Pencari Fakta atas dugaan persekusi dan rasialisme yang dilakukan oknum anggota organisasi massa saat mendatangi asrama mahasiswa Papua di Jatim. Di samping itu, Komigi mengingatkan agar semua anak bangsa dapat menjunjung tinggi nilai budaya dalam kebhinekaan, sehingga sesama anak bangsa dapat saling menghargai dan menghormati.

"Kedepankan pendekatan hukum bila ada oknum mahasiswa Papua yang melanggar hukum, dan jauhkan rasisme," tegasnya.

Baca juga : Belanja Pemerintah Harus Beri Dampak Signifikan bagi Perekonomian Nasional

Selain itu, Komigi berharap agar oknum pejabat untuk menjaga tutur kata dan tidak membuat statement (pernyataan) yang menyulut kemarahan rakyat. Di sisi lain, dia juga mendesak Pemerintah segera mengatasi kerusuhan massa di Papua dengan cepat. “Agar suasana di sana bisa kembali aman dan kondusif,” tandasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.