Dark/Light Mode

Belanja Pemerintah Harus Beri Dampak Signifikan bagi Perekonomian Nasional

Kamis, 15 Agustus 2019 17:01 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Bambang Soesatyo, mendorong melakukan evaluasi dari penyerapan anggaran untuk belanja negara. Terutama terkait produktivitas instrumen belanja, perbaikan akuntabilitas, dan transparansi tata kelola belanja negara.

Dia mendang, evaluasi ini penting terkait perlunya peningkatan terhadap kualitas belanja pemerintah. Agar dapat memberikan dampak signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Baca juga : Bappenas Akui APBN Belum Maksimal Kerek Perekonomian Nasional

“Sehingga alokasi anggaran belanja barang ataupun modal kementerian dan lembaga dapat tepat sasaran, dilakukan dengan efektif, dan sesuai dengan peruntukannya berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) kementerian maupun lembaga,” ujar politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, Kamis (15/8).

Dia juga mendorong Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) melakukan kajian terkait belanja kementerian dan lembaga. Agar ke depannya belanja kementerian dan lembaga dapat berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga : Butuh Tempat Bernaung, Pemerintah Diminta Bentuk Badan Nasional Diaspora

Tak lupa, Bamsoet juga meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan pemeriksaan pelaksanaan anggaran kementerian maupun lembaga secara rutin dan berkala yang dilakukan dengan transparan. “Agar tidak terjadi penyimpangan pelaksanaan belanja negara di kementerian maupun lembaga,” tandasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.