Dark/Light Mode

Jelang Munas SAPMA PP, Bamsoet Ajak Perkokoh Fondasi Kebangsaan

Rabu, 12 Juli 2023 20:49 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo tengah menerima pengurus SAPMA PP, di Jakarta, Rabu (12/7). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo tengah menerima pengurus SAPMA PP, di Jakarta, Rabu (12/7). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) III Satuan Siswa, Pelajar, dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) pada 24-27 Agustus 2023, di Bandung, Jawa Barat. SAPMA PP adalah badan yang mempunyai tujuan untuk menghimpun kalangan siswa, pelajar, dan mahasiswa yang dibentuk Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Pancasila (PP).

"Dengan terlaksananya Munas III SAPMA PP ini, saya berharap kader SAPMA PP menjadi tolok ukur Pemuda Indonesia yang baik, maju, serta siap untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga pertahanan, kedaulatan, dan keamanan Bangsa Indonesia," ujar Bamsoet, usai menerima pengurus SAPMA PP, di Jakarta, Rabu (12/7).

Baca juga : Terima Pemuda Batak Bersatu, Bamsoet Ajak Rawat Persatuan & Kesatuan Bangsa

Pengurus SAPMA PP yang hadir antara lain Ketua Umum Aulia Arief, Wakil Ketua Umum Rio F Wilantara, Dimaz Soesatyo, Aditya P Yando, dan Ivone Chirstianti, Kabid Peranan Wanita Mira Dallima, Kabid OK Frans Pasaribu, Kabid Kaderisasi Paskah Sembiring, dan Bidang Olahraga Dion Maulana.

Ketua DPR ke-20 ini juga mengajak kader SAPMA PP untuk senantiasa berkontribusi dalam menguatkan pondasi kebangsaan sekaligus pembangunan karakter dan jati diri bangsa Indonesia agar semakin kokoh. Sehingga sumber daya manusia akan semakin kompeten, kapabel, berkarakter dan bermental luhur.

Baca juga : Jelang Tahun Politik, Ketum FABEM Ajak Alumni BEM Jaga Kedamaian

"Generasi muda bangsa dan Pancasila adalah dwitunggal yang tidak boleh dipisahkan. Pemuda adalah generator dan dinamisator pembangunan yang akan menentukan nasib bangsa di masa depan. Sementara, Pancasila adalah ideologi, pandangan hidup dan dasar negara yang akan menjadi rujukan dan panduan bagi generasi muda untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita nasional sebagaimana diamanatkan konstitusi," ucap Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini mengingatkan, seiring cepatnya laju roda zaman dan lompatan kemajuan di berbagai bidang kehidupan yang dibungkus dalam bingkai modernitas, tantangan merawat dan menjaga Pancasila semakin nyata. Globalisasi dan perkembangan teknologi telah menawarkan produk-produk dan gaya hidup yang dikemas sedemikian rupa sehingga terlihat menarik, khususnya bagi generasi muda.

Baca juga : Jenguk Cak Nun, Bukti Presiden Tak Dendam Ke Pengkritik

"Bila kita lalai dan abai, nilai-nilai asing tersebut pada akhirnya akan merongrong jati diri, tradisi dan budaya, moralitas serta warisan kearifan lokal bangsa. Nilai-nilai Pancasila hanya hadir di ruang utopia, sila-silanya menjadi hapalan di luar kepala, tetapi implementasinya tidak terasa nyata," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.