Dark/Light Mode

Jelang Tahun Politik, Ketum FABEM Ajak Alumni BEM Jaga Kedamaian

Selasa, 11 Juli 2023 17:24 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat menerima cendera mata yang diberikan Ketua Umum DPP FA-BEM, Zainudin Arsyad saat pengukuhan DPP FA-BEM di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (10/7). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat menerima cendera mata yang diberikan Ketua Umum DPP FA-BEM, Zainudin Arsyad saat pengukuhan DPP FA-BEM di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (10/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Forum Alumni Badan Eksekutif Mahasiswa (FABEM) Zainudin Arsyad mengajak alumni BEM di seluruh Indonesia agar berperan dalam menjaga kedamaian dan keutuhan bangsa menjelang Tahun Politik 2024.

Zainudin mengatakan, alumni BEM atau mahasiswa yang pernah memimpin lembaga di kampus pasti punya peranan. Punya pengaruh positif kepada masyarakat agar masyarakat menjaga kedamaian dan keutuhan bangsa.

Jangan sampai terpolarisasi dalam perpecahan. Kalau bisa, sesama anak bangsa itu pilihan politiknya berbeda, tetapi dia punya satu komitmen bahwa NKRI harga mati," ungkap Zainudin saat pengukuhan DPP FABEM, di Jakarta, Senin (10/7).

Baca juga : Bamsoet Lantik DPP FA-BEM, Ajak Wujudkan Pemilu Damai Dan Bahagia

Pengukuhan pengurus FABEM ini merupakan yang pertama kali. FABEM sudah melakukan deklarasi pada 5 November 2022 dan mendapatkan SK Kemenkumham.

Pada pengukuhan itu mengambil tema Kolaborasi pemuda menjaga kedamaian NKRI menjelang tahun politik.

Zainudin mengatakan alumni BEM memiliki latar belakang politik yang berbeda, pilihan-pilihan politik berbeda, pandangan politik berbeda, dan latar belakang organisasi berbeda.

Baca juga : BUMN Sukses Angkat Nama Mandalika Ke Pentas Dunia

Namun, mampu disatukan dalam wadah alumni. Ia menegaskan FABEM berkomitmen tidak akan menyatakan sikap politik mendukung calon presiden (capres) ataupun calon wakil presiden (cawapres).

"Lembaga ini sebagai wadah silaturahmi rumah kita bersama Insya Allah kami akan tetap komitmen untuk independen, dan tak akan menyatakan sikap politik atas nama lembaga," ujar Zainudin.

Zainudin menganjurkan agar alumni BEM tidak boleh jadi penumpang dalam Tahun Politik 2024. Harus jadi bagian untuk menentukan pemimpin Indonesia ke depan lebih baik.

Baca juga : Tahun Politik, Franz Magnis: Pancasila Tidak Bisa Ditawar-Tawar

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan jelang Pemilu 2024, semua pihak untuk tidak mencaci maki dan memusuhi kawan karena berbeda dukungan politik.

"Kita boleh mendukung pasangan capres dan cawapres, pasangan gubernur, bupati, wali kota, tapi kita harus punya sikap. Jangan korbankan teman dan memusuhi anak bangsa sendiri," ujar Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.