Dark/Light Mode

Komisi V DPR Setujui Tambahan Anggaran Kemenhub Rp441 Miliar

Senin, 16 September 2019 23:47 WIB
Menhub  Budi Karya Sumadi saat Raker DPR terkait Penyesuaian RKA K/L Kementerian Perhubungan sesuai hasil pembahasan Badan Anggaran DPR RI di RR Komisi V DPR  Jakarta, Senin (16/9). (foto: BKIP Kemenhub/Daniel Pietersz)
Menhub Budi Karya Sumadi saat Raker DPR terkait Penyesuaian RKA K/L Kementerian Perhubungan sesuai hasil pembahasan Badan Anggaran DPR RI di RR Komisi V DPR Jakarta, Senin (16/9). (foto: BKIP Kemenhub/Daniel Pietersz)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi bidang transportasi dan infrastruktur DPR menyetujui penambahan anggaran sebesar Rp 441,5 miliar untuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di tahun 2020.

"Komisi V DPR memahami penjelasan Kemenhub tentang penambahan pagu alokasi belanja tahun 2020 sebesar Rp 441,5 miliar," kata Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis dalam rapat kerja terkait penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kemenhub di Gedung DPR, Jakarta, Senin (16/9)

Dengan penambahan anggaran tersebut, maka pagu alokasi anggaran Kemenhub pada 2020 adalah sebesar Rp 43,1 triliun, meningkat dari keputusan sebelumnya sebesar Rp 42,67 triliun.

Baca juga : Ketua Komisi IV: Pembangunan Pertanian Sukses, Ekspor Meningkat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, penambahan anggaran tersebut ditujukan untuk pengembangan destinasi wisata prioritas dan super prioritas serta untuk kebutuhan lahan perpanjangan landasan pacu bandara Komodo.

Bila dirinci, tambahan anggaran untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba sebesar Rp 19,2 miliar.

"Ini banyak berkaitan dengan pembangunan pelabuhan, fasilitas penunjang pelabuhan, terminal baru Bandara Sibisa dan pembangunan taxiway dan apron Bandara Sibisa," ujarnya.

Baca juga : Menpora Sawer Atlet Bulu Tangkis Rp 3,54 Miliar

Sementara, tambahan anggaran untuk KSPN Labuan Bajo sebesar Rp 207,6 miliar. Ini untuk penyiapan lahan untuk pelabuhan barang Labuan Bajo, kebutuhan lahan perpanjangan lahan perpanjangan landasan pacu Bandara Komodo dan lainnya.

Tambahan anggaran untuk KSPN Mandalika sebesar Rp 26,5 miliar untuk fasilitas perlengkapan jalan dan peningkatan fasilitas pelabuhan Pamenang/Pelabuhan Gili Trawangan, untuk KSPN Likupang mendapat tambahan anggaran Rp 40 miliar untuk peningkatan fasilitas pelabuhan Likupang dan pengadaan kapal bottom glass di Bunaken.

Ada pula tambahan anggaran untuk KSON Morotai sebesar Rp 18,5 miliar, KSPN Wakatobi sebesar Rp 19,7 miliar, untuk KSPN Bromo-Tengger-Semeru Rp 5,5 miliar, KSPN Borobudur Rp 4,05 miliar, KSPN Tanjung Kelayang Rp 5 miliar, dan KSPN Tanjung Lesung Rp 5,4 miliar.

Baca juga : Hadir Di Jawa Tengah, Angkasa Pura I Gelontorkan Bantuan Rp 3,45 Miliar

"Tambahan anggaran kami usulkan sebagai dukungan Kemenhub untuk meningkatkan aksesibilitas pada daerah pariwisata, baik destinasi super prioritas maupun destinasi prioritas," jelasnya.

Bila dilihat penambahan anggaran dari unit kerja, unit kerja yang mendapatkan anggaran tambahan adalah Ditjen Perhubungan Darat sebesar Rp 124,7 miliar, Ditjen Perhubungan Laut sebesar Rp 98 miliar dan Ditjen Perhubungan Udara sebesar Rp 218,8 miliar.[QAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.