Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komisi IV DPR Akan Bentuk Koperasi Tani Bung Karno

Senin, 5 Agustus 2019 23:46 WIB
Anggota Komisi IV DPR  Ono Surono. (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi IV DPR Ono Surono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Ono Surono akan membentuk koperasi tani sebagai wujud penerapan Trisakti Bung Karno di bidang ekonomi.
Proses pembentukan koperasi tani oleh Ono, sudah mulai digarap dengan duduk bersama sejumlah kelompok tani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. 

Ono, yang juga menjabat Ketua DPD Jabar PDIP ini mengaku, telah berjumpa sejumlah kelompok tani di beberapa kecamatan Indramayu, dan mendorong petani membentuk koperasi tani, pada Senin (5/8).

Baca juga : Fahri Hamzah: Indonesia Butuh Kota Mandiri di Haramain

Menurut Ono, tujuan dari pembentukan koperasi yakni penguatan terhadap sektor ekonomi mikro serta kesejahteraan bersama di tingkat masyarakat bawah.

Tak kalah penting, pembentukan koperasi tani adalah wujud implementasi penerapan Trisakti Bung Karno di bidang ekonomi."Lewat koperasi tani, saya berharap para petani memiliki kemandirian di bidang ekonomi sejalan dengan konsepsi trisakti Bung Karno. Inilah mengapa saya mendorong para petani di Indramayu untuk membentuk koperasi," kata dia.

Baca juga : Program Benih Unggul Kementan Kembalikan Kejayaan Rempah-rempah

Ono, politisi banteng dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VIII meliputi Kabupaten Inramayu, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon ini melihat bahwa sektor pertanian termasuk sektor penting di daerah pemilihannya, itu.

"Pertanian termasuk sumber mata pencaharian warga Indramayu. Banyak warga Indramayu yang mata pencahariannya itu bertani, begitu juga di seluruh wilayah Jawa Barat. Karena itu, para petani ini perlu wadah bernama koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka," katanya.

Baca juga : Pembangunan Perikanan Berkelanjutan Dorong Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia

Ono sendiri, akan mengawal ide pembentukan koperasi secara langsung sampai koperasi benar-benar terbentuk dan bisa berjalan."Saya akan kawal langsung untuk pembentukan koperasi-koperasi tani. Saya optimis kemandirian ekonomi bagi petani akan terwujud," pungkasnya.(FIK)
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.