Dark/Light Mode

Puan Kenakan Baju Adat Dayak Motif Ruit Besai

Rabu, 16 Agustus 2023 10:50 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) mengenakan pakaian adat Dayak. (Foto: Antara)
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) mengenakan pakaian adat Dayak. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani memilih menggenakan pakaian adat Suku Dayak, Kalimantan Barat, saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/8).

Puan memakai pakaian adat Dayak dengan motif Ruit Besai berwarna merah maroon. Kain ini didapatkan Puan langsung dari Desa Umin Jaya, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Baca juga : Hadiri Sidang Tahunan MPR, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Tanimbar Maluku

Kain yang dikenakan Puan dibuat oleh Sub Suku Dayak Iban yang dikenal dengan nama Suku Moan. Pengerjaan kain motif ini dilakukan selama sekitar 3,5 bulan.

Pada zaman dahulu, motif kain Ruit Besai dipakai untuk menjadi penanda kemenangan. Sebab saat zaman kemerdekaan, para pejuang berhasil meraih kemenangan manakala mengenakan Ruit ini.

Baca juga : Relawan Ngotot Bertahan

Ruit sendiri merupakan buah tua yang sudah ada sejak zaman nenek moyang terdahulu. Motif Ruit Besai saat ini menjadi salah satu motif kain Dayak yang cukup langka.

Tokoh Perempuan Dayak Yoalanda Lasarus mengatakan motif Ruit Besai merupakan motif kebesaran yang dalam adat Dayak hanya digunakan oleh tokoh-tokoh besar. “Motif ini melambangkan kebesaran dan keperkasaan. Pengerjaannya tidak boleh sembarangan, hanya orang-orang tertentu yang boleh membuatnya,” ungkap Yolanda dikutip dari Antara.

Baca juga : Pertemuan Ketua DPD Golkar Di Bali Tegas Tolak Munaslub

Untuk melengkapi busana adat yang dipakainya, Puan memakai aksesoris berupa ikat kepala dari bulu Burung Ruai. Burung Ruai merupakan sejenis burung merak yang hidup di daerah hulu Kapuas dan hanya ditemukan di rimba dalam yang masih asri. Saat ini, keberadaannya sudah sulit ditemukan.

“Burung Ruai ini seperti burung legenda Dayak. Karena indah, Burung Ruai dianalogikan sebagai kecantikan perempuan-perempuan Dayak,” jelas Yoalanda. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.