Dark/Light Mode

Aklamasi, Eks Marinir Siap Gantikan Oso Pimpin DPD

Selasa, 1 Oktober 2019 21:51 WIB
Wakil Ketua DPD Nono Sampono
Wakil Ketua DPD Nono Sampono

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca dilantik, Wakil Ketua DPD Nono Sampono akan bertarung merebut kursi Ketua DPD Periode 2019-2024. Nono akan bersaing dengan tiga kandidat.

Nono yang terpilih aklamasi oleh anggota DPD dari Subwilayah Timur II akan bersaing dengan wakil Subwilayah Timur I, Mahyudin, wakil subwilayah Barat I, Sultan Bachtiar, dan wakil subwilayah Barat II, La Nyalla Mattalitti. 

Sebanyak 113 anggota DPD hadir dan menyetujui tata tertib dan jadwal yang ditetapkan untuk pemilihan Ketua DPD dalam masa sidang paripurna ke-2 DPD.

Baca juga : Terpilih Aklamasi, Nono Selangkah Lagi Jadi Ketua DPD

"Kalau dihitung sudah memenuhi kuorum. Pasal 264 ayat 2 peraturan DPD tentang tata tertib DPD nomor 2 tahun 2019, maka sidang DPD dibuka dan terbuka untuk umum," ujar salah seorang Pimpinan sementara DPD, Jialyka Maharani di Jakarta, Selasa (1/10).

Suasana sidang DPD dihujani banyak interupsi yang dilakukan sejumlah anggota DPD kepada pimpinan sementara DPD Jialyka dan Sabam Sirait. 

Kondisi diperparah saat pimpinan DPD sementara, Sabam Sirait undur diri dari ruang sidang Nusantara V tanpa pemberitahuan. Pimpinan DPD sementara lainnya, Jialyka mengambil alih sidang paripurna untuk mengesahkan tata tertib dan jadwal acara pemilihan ketua DPD tersebut.

Baca juga : Jam 7 Malam Ini, Puan Maharani Dilantik Jadi Ketua DPR

Jilayka lalu memutuskan membagi prosesi pemilihan Ketua DPD ke dalam empat subwilayah. Pertama adalah subwilayah Barat I yang diikuti perwakilan DPD dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.

Pimpinan rapat di subwilayah Barat I dipimpin Abdullah Puteh dari Aceh dan Jilayka Maharani dari Sumatera Selatan. Subwilayah kedua adalah Subwilayah Barat II diikuti perwakilan DPD dari Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali.

Pimpinan rapat di subwilayah Barat II adalah Sabam Sirait dari DKI Jakarta dan Ali Ridho. Subwilayah ketiga adalah subwilayah Timur I diikuti perwakilan DPD dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.

Baca juga : Agustus, Jumlah Rekening Simpanan Naik Tipis

Pimpinan rapat itu adalah Andri Prayoga Putra Singkarru dari Sulawesi Barat dan Habib Hamid Abdullah. Subwilayah keempat adalah subwilayah Timur II yang diikuti perwakilan DPD dari Sulawesi Utara, Maluku, Malut Provinsi, Papua, dan Papua Barat.

Pimpinan rapat itu adalah Yorrys Raweyai dari Papua dan Cherish Hariette dari Sulawesi Utara. Rapat masing-masing subwilayah dipimpin anggota DPD tertua dan termuda dari subwilayah tersebut. Hasil rapat tersebut akan disampaikan masing-masing pimpinan rapat subwilayah pada rapat paripurna yang akan kembali digelar untuk mencari ketua DPD. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :