Dark/Light Mode

Anggota Komisi IX DPR Sosialisasikan Program BPJS Ketenagakerjaan

Jumat, 24 November 2023 20:16 WIB
Sosialisasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek), di Masjid Raya Nurul Hidayah, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)
Sosialisasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek), di Masjid Raya Nurul Hidayah, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati terjun langsung ke masyarakat turut bersosialisasi dan perluasan kepesertaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek). Sosialisasi berlangsung dua hari, 22-23 November 2023, di Masjid Raya Nurul Hidayah, Jakarta Selatan.

Dalam sosialisasi tersebut, Kurniasih mengajak masyarakat terutama pekerja informal untuk memanfaatkan sebaik-baiknya program perlindungan Jamsostek. Dia menjelaskan, program tersebut sangat besar manfaatnya, dengan iuran yang sangat terjangkau untuk kalangan masyarakat lapis bawah. 

”Di dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini ada yang namanya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Dengan program ini peserta mendapatkan jaminan pemulihan dari kecelakaan kerja berapa pun biayanya akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan sampai sembuh,” ungkap Kurniasih.

Baca juga : APBD 2024 Disetujui DPRD, Heru Optimalisasi Program Kerja Untuk Masyarakat

Menurut Kurniasih, manfaat sebesar itu kini dapat dimiliki dengan membayar iuran bulangan hanya Rp 16.800. Dengan iuran tersebut peserta mendapat perlindungan dasar yaitu JKK dan JKM (Jaminan Kematian).

Di lain sisi, Kurniasih berharap sosialisasi program Jamsostek bersama anggota DPR dapat diselenggarakan secara berkala. ”Perlu juga melibatkan juga elemen tenaga kerja, khususnya segmen tenaga kerja informal, agar edukasi manfaat dan program BPJS Ketenagakerjaan dapat diketahui oleh seluruh tenaga kerja di Indonesia,” kata Kurniasih.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kelapa Gading Ivan Sahat H Pandjaitan mengapresiasi Kurniasih Mufidayati yang terjun langsung dalam sosialisasi program Jamsostek ke masyarakat. Sosialisasi dua hari berturut-turut tersebut dihadiri 300 peserta. 

Baca juga : Tingkatkan Kompetensi Masyarakat, Sharp Gelar Program Pelatihan Teknisi AC

”Tujuan kegiatan ini ialah untuk meningkatkan literasi serta manfaat program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada seluruh elemen masyarakat di Indonesia. Selain itu juga sebagai media sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat,” ungkap Ivan.  

Menurut Ivan, program edukasi bersama anggota DPR ini sangat bermanfaat dari dua sisi. Dari sisi masyarakat adalah mendapatkan edukasi mengenai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

”Sedangkan dari sisi DPR, yaitu anggota DPR dapat mendengar langsung apa yang diharapkan peserta terkait penyelenggaraan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ujar Ivan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.