Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Rangkaian Sidang Paripurna MPR Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

Minggu, 20 Oktober 2019 08:07 WIB
Foto resmi Ir. H. Jokowi dan KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres periode 
2019-2024 yang dirilis Kementerian Sekretariat Negara. (Foto: Setneg)
Foto resmi Ir. H. Jokowi dan KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wapres periode 2019-2024 yang dirilis Kementerian Sekretariat Negara. (Foto: Setneg)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Minggu (20/10), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar Sidang Paripurna MPR dalam rangka Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019 – 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sidang Paripurna MPR ini akan dimulai pada pukul 14.30 WIB  dan berakhir pada pukul 15.48 WIB. Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah menjelaskan, Sidang Paripurna MPR ini akan dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo. Didampingi para Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (F-PDI Perjuangan), Ahmad Muzani (F-Partai Gerindra), Jazilul Fawaid (F-PKB), Lestari Moerdijat (F-Partai Nasdem), Syarif Hasan (F-Partai Demokrat), Hidayat Nur Wahid (F-PKS), Zulkifli Hasan (F-PAN), Arsul Sani (F-PPP), dan Fadel Muhammad (Kelompok DPD).

Sidang Paripurna MPR dengan agenda tunggal pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden dan KH Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden untuk masa jabatan 2019 – 2024 ini juga dihadiri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, serta Ketua Umum Gerindra  Prabowo Subianto dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

Selain itu, juga 17 kepala negara, kepala pemerintahan, dan utusan khusus dari para negara tetangga yang akan turut menghadiri pelantikan tersebut.

Sidang paripurna ini diikuti seluruh anggota MPR, yang terdiri dari anggota DPR dan DPD. “Ketua MPR Bambang Soesatyo akan memimpin Sidang Paripurna. Sidang diikuti seluruh anggota MPR,” ujar Siti Fauziah.

Baca juga : Disorot Dunia, DPD Harap Pelantikan Presiden Berjalan Lancar

Siti pun merinci rangkaian susunan acara Sidang Paripurna MPR, dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019 – 2024. Diawali dengan persiapan pelaksanaan sidang paripurna MPR. Petugas Sekretariat Jenderal MPR menempati posnya masing-masing.

Pukul 13.00 WIB, anggota MPR dan undangan lainnya mulai memasuki ruang sidang paripurna. “MPR menyiapkan penyambutan tamu undangan VVIP dan tamu kehormatan negara sahabat,” ujarnya. 

Sekitar pukul 13.30 WIB, Pimpinan MPR hadir dan menunggu di Ruang Tunggu Utama Lantai Dasar.

Berikutnya sekitar pukul 13.40 WIB – 14.10 WIB, kehadiran tamu kehormatan negara sahabat dan tamu undangan VVIP.

Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih K.H. Ma’ruf Amin di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, sekitar pukul 14.10 WIB.

Baca juga : Kesediaan SBY dan Mega Hadiri Pelantikan Presiden Tunjukkan Kekompakan Pemimpin Bangsa

Sekitar pukul 14.28 WIB, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Presiden Terpilih KH Ma’ruf Amin bersama Pimpinan MPR memasuki Ruang Sidang Paripurna.

“Pukul 14.30 WIB, Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019 – 2024 dimulai,” sebut Siti Fauziah.

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya", dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Ketua MPR. “Setelah itu, pembukaan Sidang Paripurna oleh Ketua MPR,” ujar Siti Fauziah.

Berikutnya, pembacaan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) oleh Pimpinan MPR. Setelah pembacaan keputusan KPU, dimulailah prosesi Pengucapan Sumpah Presiden dan Pengucapan Sumpah Wakil Presiden pada pukul 14.56 WIB.

Setelah pengucapan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan. Kemudian Pimpinan MPR menyerahkan Berita Acara Pelantikan. Acara dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk Wakil Presiden dari Jusuf Kalla ke KH Ma’ruf Amin. 

Baca juga : Ketua MPR : Kesuksesan Pelantikan Presiden Tanda Demokrasi Indonesia Makin Matang

Selesai pengucapan sumpah dan pertukaran tempat duduk Wakil Presiden, Pimpinan MPR kembali melanjutkan Sidang Paripurna MPR.

Kemudian, Pimpinan MPR mempersilakan Presiden Joko Widodo membacakan pidato perdana sebagai Presiden masa jabatan 2019 – 2024. Usai presiden membacakan pidato, Ketua MPR kembali melanjutkan Sidang Paripurna. Kemudian pembacaan doa.

Setelah pembacaan doa, Ketua MPR menutup Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019 – 2024.

Sidang Paripurna MPR diakhiri dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan "Indonesia Raya". Pada pukul 15.48 WIB, Sidang Paripurna MPR selesai. 

Selanjutnya, foto bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla, dan Pimpinan MPR. Dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, dari tamu undangan dan tamu kehormatan negara sahabat. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.