Dark/Light Mode

Terima Pengurus San Bejo, Bamsoet Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif

Rabu, 3 April 2024 17:55 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan pentingnya regulasi terkait pelayanan perizinan "Satu Payung, Satu Pintu" untuk kegiatan ekonomi kreatif seperti acara pertunjukan seni, konser, dan olahraga. Sehingga bisa memangkas waktu perizinan dan memberikan kepastian hukum bagi para penyelenggara kegiatan (event organizer/EO) yang seringkali mengeluhkan soal ketidakpastian perizinan yang biasanya baru terbit beberapa hari bahkan beberapa jam sebelum kegiatan berlangsung.

Salah satu langkah yang bisa ditempuh, kata Bamsoet, yakni melalui digitalisasi. Sehingga para EO bisa dengan mudah mengajukan dan mendapatkan perizinan. Untuk konser-konser besar diharapkan 3 bulan sebelum konser digelar izinnya sudah bisa keluar. Sementara, untuk konser-konser yang lebih kecil diharapkan 1 bulan sebelum konser digelar perizinannya sudah keluar.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembukaan Sirkuit Indoor Barcode Gokart

"Jadi, tidak last minute izinnya keluar yang seringkali membuat EO dag dig dug dan menganggu jalannya proses penyelenggaraan acara," ujar Bamsoet, usai menerima jajaran PT Pemuda Untung Kreatif (San Bejo), perusahaan berbasis komunitas dari kalangan Generasi Z, di Jakarta, Rabu (3/4). Jajaran PT Pemuda Untung Kreatif yang hadir antara lain, CEO Wildan, CFO Maulana Rizki, serta Kepala Promotor Arviafla Faiz Barqi.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, dukungan terhadap sektor ekonomi kreatif sangat penting. Mengingat sektor ekonomi kreatif terbukti berperan besar terhadap ekonomi nasional. Di 2022 saja, kontribusinya terhadap PDB nasional mencapai Rp 1280 triliun. Kontribusi tenaga kerja sektor ekonomi kreatif pada nasional pun pada 2022 mencapai 17,7 persen.

Baca juga : Ketua MPR Dorong Generasi Muda Kuasai Teknologi Digital

"Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Kemenparekraf, terlihat pertumbuhan ekonomi kreatif pada 2019 yakni sebesar 3,9 persen. Kemudian pada 2020 menurun karena terdampak COVID-19 yaitu -0,5 persen. Kemudian naik kembali menjadi 2,9 persen pada 2021, lalu pada 2022 naik menjadi 9,49 persen," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini juga mendukung rencana penyelenggaraan event Jos Gandos yang digagas PT Pemuda Untung Kreatif (San Bejo) pada Juni, Juli, dan Oktober 2024 di berbagai daerah. Sebuah festival musik dangdut yang juga menampilkan musisi lintas genre dengan mengusung konsep pesta rakyat. Sekaligus menghadirkan festival kuliner, bazaar, dan permainan.

Baca juga : Ternyata Penyebutan Flu Singapura Salah Kaprah, Ini Penjelasan Prof Tjandra

"Tiket yang ditawarkan mulai dari Rp 40 ribuan. Sehingga sangat terjangkau oleh berbagai kalangan. Pengunjungnya ditargetkan mencapai 15 ribuan pengunjung, sehingga bisa memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat lokal setempat," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.